BMKG Perkirakan Intensitas Hujan di Bandung Menurun Bulan Ini
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung memprediksi intensitas hujan pada Januari 2023 di wilayah Bandung turun dibandingkan akhir Desember 2022.

Prakirawan BMKG Bandung Iid Mujtahidin mengatakan kondisi itu akibat adanya gangguan eks siklon tropis Ellie di sebelah utara Australia sehingga kondisi kelembaban udara berkurang dibandingkan sebelumnya.

"Untuk wilayah Bandung diperkirakan sedikit untuk potensi hujan hingga beberapa hari ke depan," kata Iid di Bandung, Jawa Barat dilansir ANTARA, Sabtu, 7 Januari.

Meski begitu, menurutnya, gangguan eks siklon tropis Ellie itu mulai berkurang sehingga menurutnya, potensi hujan belum sepenuhnya berkurang atau tidak ada.

"Untuk beberapa hari ke depan, meskipun belum merata, hujan selang seling," kata dia.

Hujan yang diprediksi turun di wilayah Bandung itu umumnya bersifat ringan hingga sedang. Dia pun memprediksi musim hujan masih berlangsung hingga Mei 2023.

Adapun pada akhir pekan pertama di Januari 2023 ini, menurutnya, hujan bakal turun di wilayah Indramayu, Majalengka, Sumedang, selatan Sukabumi, hingga beberapa wilayah di Cianjur.

"Di wilayah tersebut, ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," katanya.