Lurah Ancol Berharap Ada Tanggul Permanen dari Sunda Kelapa hingga Marina
DOK/Alat berat menumpuk batu untuk meninggikan tanggul di kawasan pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (19/12) FOTO ANTARA/FANNY OCTAVIANUS

Bagikan:

JAKARTA - Lurah Ancol Rusmin berharap tanggul permanen dari Pelabuhan Sunda Kelapa hingga dermaga Marina Taman Impian Jaya Ancol mulai dibangun pada 2023 untuk menjaga keselamatan dan keamanan warga RW 08 Kelurahan Ancol dari potensi rob.

Menurut Rusmin, bangunan tanggul permanen sepanjang lima kilometer pada kawasan tersebut tetap dibutuhkan oleh warganya, meski saat ini sudah dibangun tanggul sementara setinggi dua meter, karena lebih kukuh saat menghadapi tekanan arus.

"Ke depannya, kami berharap proses pembuatan tanggul sepanjang lima kilometer yang didirikan dari Sunda Kelapa hingga Marina dapat mulai dibangun tahun ini," kata Rusmin dilansir ANTARA, Rabu, 4 Januari.

Rusmin mengatakan, Kelurahan Ancol telah bersiap menghadapi potensi banjir rob atau naiknya air laut ke daratan mengingat adanya fenomena bulan purnama (full moon) yang diperkirakan terjadi di pesisir Jakarta pada 3 Januari hingga 10 Januari 2023.

"Insyaallah Kelurahan Ancol telah siap menghadapi terjadinya rob yang datang, karena sudah memiliki pengalaman fenomena alam itu," kata Rusmin.

Rusmin menerangkan warga di wilayah RW 8 Kelurahan Ancol sudah memiliki basis informasi yang baik untuk menghadapi rob.

Ketika permukaan air naik karena hujan atau karena rob, warga dan aparatur kelurahan telah bersiap dengan menentukan titik-titik lokasi pengungsian.

Langkah itu berkoordinasi dengan petugas Taman Impian Jaya Ancol dan Satuan Pelaksana Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Pademangan untuk memastikan pompa berjalan dengan baik.

"Jika memerlukan pompa tambahan atau pompa mobile, SDA juga siap menurunkan beberapa unit pompa tambahan miliknya," kata Rusmin.