Temui Pj Gubernur DKI, Menteri Bahlil Bakal Bentuk Tim Kecil untuk Percepat Investasi di Jakarta
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia bersama Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mendatangi Balai Kota DKI Jakarta untuk menemui Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Dalam pertemuan tersebut, Bahlil menyebut pihaknya sepakat untuk membentuk tim kecil dalam rangka percepatan investasi di Jakarta bersama Pemprov DKI Jakarta.

Bahlil menerangkan, tim kecil ini akan bertugas membantu pelaku usaha dalam mempercepat proses penerbitan perizinan yang kini dilakukan secara elektronik dalam sistem terintegrasi, yakni online single submission (OSS).

"Dalam rangka percepatan investasi di DKI, salah satu syaratnya adalah kemudahan berusaha, percepatan perizinan yang semuanya itu lewat OSS. Kami sudah bersepakat untuk membentuk tim kecil, mengurai apa saja yang bisa dilakukan dalam rangka membantu dunia usaha Jakarta," kata Bahlil di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 3 Januari.

Tim kecil ini, kata Bahli, akan diisi oleh pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan pegawai Kementerian Investasi/BKPM.

"Kami pikir ini yang harus dicapai, karena jika tidak dikembangkan, upaya tersebut akan terhambat (proses perizinan investasinya). Jadi, kita tidak mau menghambat penciptaan lapangan pekerjaan," kata Bahlil.

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Heru mengatakan dirinya akan merumuskan persiapan pembentukan tim kecil, yakni dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga ke tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

"Kami di DKI Jakarta itu sampai ke kelurahan dan kecamatan. Maka dari itu, (semuanya) perlu sinkronisasi. Tadi Pak Menteri (mengusulkan) untuk membuat tim secara sederhana saja, satu atau dua (orang staf). Selanjutnya, ini akan menyeluruh dalam pembahasan tata ruang. Detail (tata ruang) akan kami kirim ke Pak Menteri Investasi. Supaya semuanya bisa dikoordinasikan," sambungnya.