Unair Kirimkan 1,22 Juta Dosis InaVac ke Kemenkes
Vaksin Inavac buatan Universitas Airlangga Surabaya. (ANTARA/HO-Humas Unair)

Bagikan:

SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengirimkan sebanyak 1,22 juta dosis vaksin InaVac ke Kementerian Kesehatan yang siap digunakan untuk masyarakat dewasa.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Community Development Unair, Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih MSi mengatakan untuk vaksin penguat InaVac masih menunggu pengecekan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Sekarang setiap batch produk vaksin itu dicek oleh BPOM, walau sudah mendapat EUA (Emergency Use Authorization), bukan berarti langsung dikirim. Tapi, dicek lagi supaya tidak terjadi residu yang tidak diinginkan, aman, kemudian dikirim," katanya dilansir ANTARA, Selasa, 3 Januari.

Prof Nyoman menerangkan vaksin InaVac telah siap dikirim ke 34 provinsi di Tanah Air. Ia berharap Jawa Timur mendapatkan sebagian dosis vaksin tersebut.

"Kami telah mengirim surat melalui Ibu Gubernur Jatim (Khofifah Indar Parawansa) ke Kemenkes agar masyarakat Jatim turut menikmati vaksin dari jumlah yang sudah dikirim tersebut," ujarnya.

Tahun ini tim peneliti Unair masih akan melanjutkan penelitian vaksin untuk anak, remaja dan penguat remaja. Sebab, di tahun 2022, pihaknya masih fokus dengan penelitian vaksin untuk orang dewasa.

"Kami menunggu PTUK (Panitia Teknis Uji Kompetensi) untuk vaksin penguat remaja sambil berjalan (penelitian vaksin) anak, itu yang terakhir," kata dia.

Prof Nyoman mengungkapkan masyarakat bisa mendapatkan suntikan InaVac setelah dikirim Kemenkes ke tempat pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia. "Semoga Jatim dapat, karena ini masih terbatas pengirimannya," ujar dia.