Bagikan:

JAKARTA - Polri menyatakan Operasi Lilin yang berkaitan dengan pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 resmi berakhir hari ini. Adapun, Operasi Lilin mulai digelar sejak 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"Hari ini hari terakhir Operasi Lilin 2022," ujar Asisten Bidang Operasi (Asops) Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi saat dikonfirmasi, Senin, 2 Januari.

Walaupun Operasi Lilin berakhir, Polri akan tetap menggelar operasi terkait kontijensi penanganan bencana alam. Mengingat, saat ini curah hujan sedang tinggi sehingga berpotensi terjadinya banjir.

Operasi kontijensi itu bersandi Operasi Aman Nusa II. Nantinya, personel kepolisian akan melakukan langkah antisipasi bencana alam seperti, banjir, longsor dan kecelakaan laut.

"Kegiatan operasi akan disiapkan Operasi Aman Nusa II terkait dengan bencana alam yang masih terjadi dibeberapa daerah," ucap Agung.

Menambahkan, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Praseto menyebut berdasarkan hasil analisa dan evalusia (Anev), Operasi Lilin dianggap telah sukses. Sebab, tak ada kejadian menonjol saat perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Hasil anev sampai dengan pagi ini seluruh wilayah Indonesia situasi kamtibmas berjalan kondusif saat perayaan malam tahun baru dan perayaan pada hari Minggu," ungkapnya.

Dari hasil Anev, hanya ada peningkatan arus kendaraan baik sebelum dan sesudah perayaan Natal dan Tahun Baru. Hal itupun, bisa ditangani dengan baik.

"Jalur-jalur balik meski padat namun dapau dikendalikan dengan baik. Beberapa daerah terjadi bencana alam banjir seperti di Jawa Tengah juga sudan ditangani," kata Dedi.