Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda apa itu operasi lilin? Operasi ini kerap diadakan menjelang akhir tahun oleh pihak kepolisian. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Operasi Lilin

Operasi lilin adalah nama yang digunakan untuk kegiatan yang digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam melakukan pengamanan ibadah Natal di Indonesia. Operasi ini mulai digencarkan setelah tragedi bom malam Natal pada tahun 2000 silam.

Dalam pelaksanaannya, Polri melakukan operasi lilin dengan serangkaian pengamanan seperti sterilisasi lingkungan gereja hingga pemeriksaan barang para jemaat. Tak hanya itu, polisi juga melakukan pengamanan di beberapa titik yang kemungkinan terjadi kemacetan atau pelanggaran lalu lintas hingga tindak kriminalitas.

Dalam operasi lilin, Polri menerjunkan anggota bersenjata lengkap hingga anjing pelacak guna memudahkan pekerjaan mereka. Operasi lilin juga  digelar di seluruh wilayah di Indonesia.

Operasi Lilin 2022

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, Polri kembali menggelar Operasi Lilin. Jadwal Operasi Lilin terbaru akan dimulai pada 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 untuk mengamankan kegiatan masa Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Mengutip situs resmi Polri, operasi yang digelar dengan sandi Operasi Lilin 2022 akan berfokus pada kelancaran lalu lintas hingga kenyamanan liburan dan kegiatan peribadatan.

"Operasi Lilin sedang kami siapkan dengan fokus kelancaran lalu lintas, penyeberangan antar pulau, dan kenyamanan liburan serta beribadah Natal dan tahun baru," kata Asops Kapolri, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., dilansir dari Antaranews, Senin 12 Desember.

Selain itu Operasi Lilin juga akan digelar di seluruh wilayah di Indonesia dengan jadwal pelaksanaannya yaitu 10 hari, dimulai dari H-2 Natal hingga H+2 Tahun Baru 2023.

Adapun jumlah personil yang akan dikerahkan dalam Operasi Lilin 2022 adalah sebanyak 166.000 personel.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan pos pelayanan, pos pengamanan, dan pos pelayanan terpadu yang akan didirikan selama kegiatan pengamanan Nataru. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi situasi akhir tahun, termasuk adanya bencana alam yang diprediksi terjadi dan gangguan keamanan serta ketertiban di masyarakat.

"Kemudian juga untuk memastikan agar masyarakat betul-betul bisa merasa aman dan nyaman. Tentunya kami juga mendirikan posyan, pospam sampai dengan pos terpadu dimana di dalamnya lengkap seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama bekerja di lapangan," kata Kapolri, dikutip dari polri.go.id.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan bahwa dalam operasi lilin akan dikerahkan seluruh fungsi satuan mulai reserse sampai intelijen. Polri juga menjamin keamanan Natal tahun 2022 meski sebelumnya sempat terjadi aksi bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, pada Rabu, 7 Desember.

"Pencegahan sampai pengakan hukum ada dengan dibentuk satgas mulai Bimas, fungsi intelijen, hingga penegakan hukum reserse. Tujuannya, kegiatan operasi bisa berjalan aman dan lancar lancar," kata Ramadhan, dikutip dari VOI.

Itulah informasi terkait apa itu operasi lilin. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.