Gelombang Infeksi COVID-19 Terjang China, Uni Eropa 'Terbelah' Soal Tes Bagi Pelancong
Ilustrasi fasilitas tes COVID-19 di Italia. (Wikimedia Commons/Horcrux)

Bagikan:

JAKARTA - Italia pada Hari Kamis mendesak seluruh Uni Eropa (UE) untuk mengikuti jejaknya, menguji para pelancong dari China untuk COVID-19, tetapi yang lain mengatakan mereka melihat tidak perlu melakukannya untuk saat ini atau sedang menunggu sikap bersama di seluruh blok yang sebagian besar tanpa perbatasan.

Pejabat kesehatan UE belum menyepakati satu tindakan ketika mereka mengadakan pembicaraan pada Kamis pagi, mengatakan mereka akan melanjutkan pembicaraan nanti.

Ini bukan pertama kalinya negara-negara UE terpecah karena kebijakan COVID. Pada awal pandemi ada banyak perdebatan tentang apa yang harus dilakukan, dan persaingan yang memanas untuk membeli peralatan keselamatan, sebelum negara-negara anggota bersatu dan berhasil menempatkan - dan berbagi - pesanan vaksin bersama.

Italia "berharap" bahwa UE akan memberlakukan tes COVID wajib untuk semua penumpang yang terbang dari China seperti yang dilakukan Roma, Perdana Menteri Giorgia Meloni mengatakan pada konferensi pers, melansir Reuters 29 Desember.

Skala wabah di China dan keraguan atas data resmi telah mendorong negara-negara termasuk Amerika Serikat dan Jepang, untuk memberlakukan aturan perjalanan baru pada pengunjung China saat Beijing mencabut pembatasannya.

covid-19 china
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan selama pandemi COVID-19 di Shanghai Pudong International Airport, China. (Wikimedia Commons/Ptrump)
 

Sejauh ini, hanya Italia, anggota Uni Eropa yang meminta swab antigen COVID-19 untuk semua pelancong yang datang dari China. Ini berisiko tidak efektif jika orang lain di blok itu, di mana orang bepergian dengan bebas dari satu negara ke negara lain, tidak akan melakukan hal yang sama, kata Meloni.

Bandara utama di Kota Milan, Italia mulai menguji penumpang yang datang dari Beijing dan Shanghai pada 26 Desember, menemukan bahwa hampir setengah dari mereka terinfeksi.

Tetapi sebelumnya pada Hari Kamis, Brigitte Autran, kepala komite penilaian risiko kesehatan COVARS Prancis, mengatakan: "Dari sudut pandang ilmiah, tidak ada alasan pada tahap ini untuk mengembalikan kontrol di perbatasan."

Autran, yang memberi nasihat kepada pemerintah tentang risiko epidemiologis, mengatakan kepada Radio Classique, untuk saat ini situasinya terkendali dan tidak ada tanda-tanda varian COVID baru yang mengkhawatirkan di China.

Terpisah, Jerman dan Portugal juga mengatakan mereka melihat tidak perlu pembatasan perjalanan baru, sementara Austria telah menekankan manfaat ekonomi dari kembalinya turis China ke Eropa.

Sementara Norwegia, yang bukan anggota UE tetapi merupakan bagian dari kesepakatan bebas perbatasan blok itu, mengambil pendekatan serupa.

"Kami kemungkinan memiliki beberapa ratus ribu orang yang terkena COVID di Norwegia setiap minggu sekarang," tulis Profesor Preben Aavitsland dari Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia di Twitter.

"Beberapa ratus kasus tambahan di antara para pelancong dari China akan menjadi setetes air di lautan," lanjutnya.

Di tempat lain di Eropa, Inggris juga mengatakan tidak berencana untuk mengembalikan tes COVID bagi mereka yang datang ke negara itu.

Komite Kesehatan UE, yang terdiri dari pejabat dari kementerian kesehatan di seluruh blok dan diketuai oleh Komisi, mengakhiri pertemuannya dengan seruan untuk sikap bersatu.

"Kita perlu bertindak bersama & akan melanjutkan diskusi kita," kata Komisi Eropa dalam tweet, tanpa menyebutkan kapan pembicaraan akan dilanjutkan.

Diketahui, perbatasan China telah ditutup untuk orang asing sejak awal 2020, segera setelah virus corona pertama kali muncul di pusat kota Wuhan. Seiring dengan pelonggaran kebijakan nol-COVID, China mengumumkan akan menghapus karantina bagi pelancong yang masuk mulai 8 Januari.

Pembukaan kembali meningkatkan prospek turis Tiongkok kembali ke jalan-jalan perbelanjaan di seluruh dunia, yang pernah menjadi pasar bernilai 255 miliar dolar AS per tahun secara global.