Bagikan:

JAKARTA - Presiden Israel Isaac Herzog berterima kasih kepada Raja Maroko Mohammed VI atas penyediaan "tempat berlindung yang aman" bagi orang Yahudi selama Holocaust oleh Nazi dalam Perang Dunia II.

Surat Presiden Herzog, menandai dua tahun sejak Maroko menormalkan hubungan dengan Israel, adalah pertama kalinya seorang pejabat Israel memberikan penghormatan atas tindakan era Holocaust Raja Maroko pada saat itu, kata kepresidenan.

Dia mengungkapkan rasa terima kasih Israel kepada raja "dan rakyat Maroko yang, dari generasi ke generasi, telah bertindak untuk melindungi keamanan, kesejahteraan dan warisan budaya komunitas Yahudi kerajaan".

Presiden Herzog menyebutkan orang Yahudi menetap di Maroko setelah pengusiran mereka dari Spanyol pada akhir abad ke-15, sebelum mencatat perlindungan negara Afrika Utara terhadap orang Yahudi selama Perang Dunia Kedua.

"Ketika jutaan orang Yahudi menghadapi kengerian Holocaust di abad ke-20, Raja Mohammed V menyediakan tempat berlindung yang aman bagi warga Yahudi," kata Presiden Herzog dalam surat tertanggal 22 Desember, melansir The National News 28 Desember.

"Yahudi Maroko mengingat dengan bangga dan kasih sayang kenangan kakekmu, Yang Mulia Raja Mohammed V, yang dikenang sebagai pelindung dan penjaga orang Yahudi di wilayahnya," sambung surat itu.

Raja Mohammed V terkenal karena penolakannya untuk menerapkan undang-undang anti-Yahudi, yang ditentukan oleh pemerintah Prancis Vichy yang pro-Jerman selama perang.

Presiden Herzog juga memuji langkah raja saat ini untuk mendukung komunitas Yahudi di negaranya, mencatat keputusan untuk memasukkan pendidikan Holocaust di sekolah-sekolah Maroko.

Itu tidak hanya akan memperdalam "komitmen rakyat Anda terhadap toleransi dan pengertian tetapi juga mengirimkan pesan yang kuat tentang nilai-nilai esensial ini ke negara-negara dari Atlantik hingga Teluk", tulisnya.

Kepresidenan Israel mengatakan surat itu dikoordinasikan dengan Kementerian Luar Negeri Israel dan pusat Holocaust Yad Vashem di negara itu.

Rabat memutuskan hubungan dengan Israel pada tahun 2000 setelah pecahnya intifada kedua Palestina. Namun pada Desember 2020, kedua negara meresmikan hubungan, menyusul penandatanganan Abraham Accords antara Israel dan UEA dan Bahrain.

Sebelumnya, Israel telah mencapai perjanjian damai dengan negara tetangga Mesir dan Yordania, pada tahun 1979 dan 1994.

Diketahui, komunitas Yahudi Maroko berasal dari zaman kuno dan tumbuh pada abad ke-15 dengan pengusiran orang Yahudi Spanyol. Pada tahun 1940-an jumlahnya meningkat menjadi 250.000, mewakili 10 persen dari populasi negara itu, tetapi emigrasi massal mengikuti berdirinya Israel pada tahun 1948.

Komunitas Yahudi di kerajaan itu kini diperkirakan berjumlah sekitar 3.000 orang, terbesar di Afrika Utara. Sekitar 700.000 orang Israel mengklaim keturunan Maroko dan mempertahankan hubungan yang kuat dengannya.