Jumlah Kendaraan Keluar-Masuk Jakarta Meningkat Jelang Tahun Baru
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Polri mencatat terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang keluar-masuk wilayah Jakarta menjelang Tahun Baru 2023.

Berdasarkan data, untuk peningkatan kendaraan yang keluar Jakarta mencapai 17,6 persen. Sedangkan sebaliknya meningkat 6,03 pesen.

"Terjadi kenaikan arus lalu lintas masuk maupun keluar Jakarta," ujar Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Irjen Agung Imam Setya Effendi kepada wartawan, Senin, 26 Desember.

Untuk kendaraan yang keluar Jakarta, kebanyakan mengarah ke Cirebon, Bandung, Ciawi, dan Merak.

Selain itu, merujuk dari hasil Operasi Lilin yang digelar dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru telah terjadi 459 kecelakaan. Paling banyak terjadi di wilayah Jawa Timur.

"Paling banyak di Provinsi Jawa Timur dengan 269 kecelakaan," ungkapnya.

Karena itu, masyarakat diimbau untuk terus waspada ketika berkendara. Sebab, saat ini memasuki musim penghujan yang semakin meningkatkan potensi terjadi kecelakaan.

"Dengan meningkatnya curah hujan diseluruh wilayah Jawa dan luar Jawa agar masyarakat yanf menggunakan transportasi darat maupun laut dan udara mengikuti arahan dari otoritas transportasi," kata Agung.

Terpisah, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut berdasarkan prediksi Korlantas dan Kementerian Perhubungan, jumlah kendaraan yang keluar-masuk Jakarta akan terus meningkat. Puncaknya pada 30 Desember.

"Info dari Kepala Korps Lalu Lintas dan survei Kemenhub tanggal 30 Desember dan 2 Januari akan ada peningkatan," kata Dedi