Bagikan:

JAKARTA - Jenazah tokoh sejarah dan budayawan betawi, Ridwan Saidi, dikebumikan di Blok AA1, Blad 035, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu, 25 Desember, sore.

Sekitar pukul 16.22 WIB, mobil ambulans yang membawa jenazah almarhum Ridwan Saidi tiba di TPU Karet Bivak. Suasana duka menyelimuti prosesi pemakaman budayawan betawi itu.

Sejumlah keluarga bahkan terlihat tak kuasa menahan tangis saat melihat jasad Ridwan Saidi mulai masuk ke pusara. Tak hanya keluarga dan kerabat, sejumlah tokoh nasional juga turut berada di tempat peristirahatan terakhir Ridwan Saidi.

Salah satu tokoh yang hadir adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno. Sandiaga mengenang sosok Ridwan Saidi sebagai tokoh yang baik dan humoris.

"(sebutan) Babe, kita manggilnya. Babe Ridwan Saidi ini tokoh budayawan, sekaligus kalau mau tanya tentang Jakarta ini salah satu refrensinya sebagai ensiklopedia berjalan," kata Sandiaga Uno kepada wartawan di TPU Karet Bivak, Minggu, 25 Desember.

"Dia tokoh yang banyak membawa torehan prestasi dari segi kelestarian budaya, khususnya budaya betawi, tapi juga untuk indonesia," lanjutnya.

Menparekraf Sandiaga menyebutkan, dirinya sangat kehilangan sosok almarhum Ridwan Saidi. Banyak kenangan yang dimiliki bersama almarhum semasa hidupnya.

"Jadi kita sangat kehilangan. Kita doakan yang terbaik semoga beliau khusnul khotimah," ujar Sandiaga Uno.

Sementara beberapa tokoh lainnya yang hadir di pemakaman Ridwan Saidi adalah Mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, Politisi Gerindra Fadli Zon, mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo hingga mantan Ketua DPR Akbar Tanjung.