Korlantas Polri Mulai Rekayasa Lalu Lintas, Jalur Ciawi Arah Gadog Berlaku <i>Contraflow</i>
Foto: Dok. Antara/Korlantas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow atau lawan arus untuk jalur wisata khususnya menuju puncak Bogor.

"Saat ini sudah dilakukan contraflow di Ciawi mengarah ke Gadog," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan dikutip Antara, Sabtu 24 Desember.

Aan menegaskan Korlantas Polri terus memantau pergerakan kendaraan ke luar Jakara untuk libur natal 2022 dan tahun baru 2023.

"Sudah ada peningkatan volume kendaraan menuju tempat wisata khususnya arah puncak," ungkapnya.

Aan menyatakan Korlantas Polri telah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk mengadakan inspeksi keselamatan (ramp check) bagi bis yang menuju lokasi wisata.

"Sudah kerja sama dengan kementerian perhubungan, untuk mengadakan ramp check dan memasukkan seluruh bis wisata ke terminal," katanya.

Aan mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan liburan, agar memeriksa kembali keadaan rumah sebelum meninggalkannya.

"Jangan lupa melapor ke RT/RW saat meninggalkan rumah," ujarnya.

Bagi yang melakukan perjalanan jauh, untuk menyiapkan kesehatan yang prima saat mengemudi. Mengisi bahan bakar kendaraan penuh dan mempersiapkan uang elektronik (e-tol) yang cukup.