Menteri PUPR-Gubernur Jabar Unjuk Gigi Main <i>Gateball</i>, Jokowi: <i>Wah</i> Sering Main Golf Ya?
Presiden Jokowi memperhatikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjajal olahraga gateball di sela-sela peresmian Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jumat (23/12/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Bagikan:

JAKARTA -  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat unjuk gigi memainkan olahraga gateball kepada Presiden Joko Widodo di sela-sela peresmian Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Menteri PUPR yang juga menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) berinisiatif mengajak Presiden ke lapangan hijau.

Dalam lapangan berukuran 20x15 meter itu terdapat tiga gawang (gate) dan satu tiang sasaran (goal-pole) yang menjadi bidikan bagi para pemain dalam permainan gateball.

Menteri PUPR kemudian mengajak Gubernur Jabar turut menjajal olahraga yang sepintas mirip dengan golf tersebut.

Tanpa disangka, dalam percobaan pertamanya mengayunkan pemukul berbentuk tongkat panjang berkepala martil, Ridwan langsung berhasil menggiring bola memasuki gawang. Hal itu praktis menarik perhatian dan komentar dari Presiden Jokowi.

"Wah, sering main golf ya?" kata Presiden menyimak akurasi pukulan Gubernur Jabar.

"Enggak, Pak, kebetulan. Justru kalau golf saya enggak main," jawab Ridwan.

"Coba sekali lagi, kalau masuk lagi berarti jago beneran. Kalau enggak masuk, berarti kebetulan," sahut Presiden lagi, yang langsung disambut gelak tawa orang-orang yang hadir.

Gateball merupakan olahraga ciptaan pria Jepang, Suzuki Kazunobu, yang memodifikasi croquet pada 1947 agar lebih menarik bagi anak muda.

Olahraga itu dimainkan di mana dua tim beranggotakan lima pemain bergiliran memukul bola bernomor ganjil atau genap sesuai hasil undian dengan bidikan tiga gawang dan satu tiang sasaran.

Setiap bola yang memasuki gawang mendapat satu poin dan pukulan yang mengenai tiang sasaran bernilai dua poin. Kedua tim bersaing mengumpulkan poin tertinggi selama permainan berdurasi 30 menit.

Menteri PUPR memimpin PB Pergatsi sejak 2015, dua tahun sesudah Indonesia masuk dalam keanggotaan asosiasi federasi gateball dunia, World Gateball Union (WGU).