Bagikan:

JAKARTA - Komunitas pengendara motor gede (Moge) Harley Santa Club menggelar parade tahunan berkostum Santa Claus sebagai bentuk perlawanan terhadap kekerasan anak. Seperti diketahui, angka kekerasan terhadap anak di Jepang meningkat selama pandemi COVID-19 ini.

Melansir Reuters, Senin, 21 Desember, dalam parade tersebut para anggota komunitas tampak membagikan mainan kepada anak-anak. Klub yang didirikan pada tahun 2008 itu mengungkapkan, Natal merupakan momentum yang tepat untuk menggelorakan perlawanan terhadap kekerasan anak.

“Apalagi karena pandemi virus corona tahun ini, saya kira banyak kasus pelecehan anak yang tidak terlihat,” kata Takashi Mine, direktur acara tersebut.

Menurut Mine, di masa pandemi, ketika banyak orang kehilangan pekerjaan ini, sangat mungkin banyak orang yang melampiaskan stres kepada anak. “Jadi saya pikir terutama selama pandemi kita harus melakukan parade,” ujarnya.

Ratusan orang biasanya ikut serta dalam parade tersebut. Namun karena menyebarnya virus dari Wuhan China ini, mereka yang ikut hanya sekitar 100 orang saja. 

Meski begitu, para pengendara tetap semangat dalam menyebarkan kegembiraan natal bagi anak-anak yang tinggal di rumah. Rencananya, anggota klub akan menyumbang mainan dan permen kepada sekitar 400 anak.

Seperti diketahui, jumlah kasus pelecehan anak di Jepang naik hingga 20 persen antara Januari dan Maret lalu. Kekerasaan terhadap anak disinyalir karena banyak keluarga yang menghabiskan waktu di rumah karena pandemi COVID-19.