Operasi Lilin Agung di Bali Kerahkan 3.425 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru
Apel Operasi Lilin Agung di Lapangan Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, Bali/FOTO: Humas Polda Bali

Bagikan:

DENPASAR - Polda Bali menggelar Operasi Lilin Agung dalam rangka pengamanan perayaan Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra mengatakan, pengamanan Natal-Tahun Baru di wilayah Bali melibatkan pasukan gabungan dari Polri dan TNI serta instansi pemerintahan.

"Kami dari aparat kemanan yang didukung oleh stekholder siap untuk mengamankan kegiatan Natal dan tahun baru 2022 dan 2023," kata Irjen Putu di Denpasar, Bali, Kamis, 22 Desembr.

Kekuatan personel yang dilibatkan pada Operasi Lilin Agung 2022 sebanyak 3.425 orang, terdiri 1.891 dari Polri dan unsur terkait lainnya seperti TNI, BPBD Bali, Dinas Perhubungan (Dishub) Bali, Basarnas Bali dan instasi pemerintah lainnya sebanyak 1.534 orang. 

"Ini terdiri dari 20 instansi. Baik itu TNI maupun rekan-rekan lain Dishub, Linmas BPBD, Basarnas dan lain-lain," imbuhnya.

Ribuan personel itu akan mengamankan 480 titik kegiatan di Bali. Seperti tempat ibadah gereja maupun tempat-tempat lainnya seperti obyek wisata atau tempat keramaian saat malam tahun baru.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan pos pengamanan pada 23 titik dan 13 pos pelayanan dan 5 pos terpadu yang tersebar di 9 kabupaten dan kota di Bali.

"Kita mengantisipasi kegiatan-kegiatan dalam pelaksanaan malam natal dan tahun baru ini. Kita tau, sekarang peningkatan jumlah wisatawan maupun kunjungan ke Bali jauh meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

"Oleh karena itu, kesiapsiagaan dari kita semua dan segenap unsur yang ada sangat dibutuhkan. Sehingga amanat dari Bapak Presiden Jokowi, kegiatan pelaksanaan kegiatan natal dan tahun baru ini, harus menciptakan rasa aman dan nyaman pada segenap masyarakat," sambung Irjen Putu.

Selain itu, Polda Bali juga akan memastikan pengerahan personel pengatur lalu lintas. Disiapkan rekayasa lalu lintas bila terjadi kemacetan.

Dalam pengamanan libur Natal-Tahun Baru, Polda Bali memperketat pintu masuk di Pulau Dewata seperti di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Pelabuhan Padangbai Karangasem dan Pelabuhan Celukan Bawang, di Kabupaten Buleleng, Bali.