Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Usai meninjau sejumlah ruang perawatan dan pelayanan kesehatan, Heru mengungkapkan RSUD Pasar Minggu memiliki kelebihan dari rumah sakit milik pemerintah daerah lainnya, yakni fasilitas penanganan penyakit kanker.

"Saya melihat layanan dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh RS yang hari ini dikunjungi, RS Pasar Rebo dan Pasar Minggu. Salah satu kelebihan di sini (RS Pasar Minggu) adalah penanganan kanker," kata Heru di RS Pasar Minggu, Rabu, 21 Desember.

Menambahkan, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengungkapkan RSUD Pasar Minggu akan dijadikan sebagai rumah sakit rujukan kanker induk di Jakarta. Karenanya, akan ada peningkatan kapasitas SDM hingga peralatan kesehatan di RSUD Pasar Minggu.

"Sesuai dengan arahan Pak Gubernur, Pasar Minggu ke depan menjadi rujukan kanker induk di DKI Jakarta. Kita sedang persiapan peralatan dan SDM-nya. Di satu sisi, kita tidak hanya melayani warga Dki karena kita juga melayani sementara ini rujukan-rujukan di luar DKI," ujar Widyastuti.

Sementara itu, Dirut RSUD Pasar Minggu, Endah Kartika Dewi turut mengungkapkan bahwa untuk fasilitas layanan radioterapi baru tersedia di RSUD Pasar Minggu. Ia menyampaikan, pihaknya akan terus mengembangkan fasilitas tersebut pada tahun 2023 dengan menambahkan layanan Brakiterapi sebagai salah satu metode untuk terapi kanker, salah satunya kanker serviks.

"Ke depannya, akan ada tambahan Brakiterapi dan rencananya perawat juga akan ditambah lagi. Selain itu, kita perlu juga tambahan sebanyak empat orang radiografer. Hal ini karena kita menerima banyak rujukan dari luar Jakarta," ujar Endah.