Bertemu Heru Budi, Ridwan Kamil Bicara Hibah Jakarta ke Jabar untuk Tangani Banjir 
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono/FOTO; Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Program penanganan banjir Jakarta menjadi satu masalah yang paling banyak dibahas dalam pertemuan antara Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyempatkan datang ke Balai Kota DKI Jakarta, saat dirinya berada di Ibu Kota, untuk membahas program kerja yang berkaitan antara Jakarta dan daerah penyangga. Pertemuan kedua kepala daerah untuk pertama kalinya itu digelar tertutup selama satu jam.

Ridwan Kamil mengatakan, salah satu penyebab banjir Jakatrta tidak lepas dari kiriman air dari daerah penyangga.

Karena itu, Ridwan Kamil mengungkapkan DKI melanjutkan pemberian hibah bersumber APBD kepada kabupaten/kota di Bogor, Depok, dan Bekasi. Hal ini diperuntukkan membantu penanganan banjir Jakarta.

"Urusan banjir Jakarta, sebagian ya dari Jawa Barat. Apa yang terjadi di Jakarta tidak terlepas dari wikayah sekililingnya, penyangga Jakarta. Nah, kami mengucapkan terima kasih ada bantuan keuangan dari DKI kepada Depok dan kepada Bogor untuk mengatasi permasalahan air," kata Ridwan Kamil di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 20 Desember.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku tak ingat nominal pasti besaran hibah dari Pemprov DKI kepada Jawa Barat. Yang jelas, angkanya berkisar ratusan miliar rupiah.

"Ratusan miliar mah ada, detailnya saya engga hafal karena bukan lewat gubernur. Jadi langsung misalnya ke Wali Kota Depok atau ke Wali Kota Bekasi," ucap Kang Emil.

Adapun alokasi anggaran hibah dari DKI akan dipergunakan untuk memperbaiki tampungan air pada sungai, waduk, hingga danau sebagai aliran hulu Jakarta yang berada di kawasan Jawa Barat.

"Mayoritas yang paling utama pengendalian banjir. Jadi kan sumber air itu banyak tuh, dari Bogor, dari mana-mana. Nah titik-titiknya diperbaiki, dicegah, karena pengaruhnya cukup besar," ungkap Kang Emil.

Sementara itu, Heru Budi mengucapkan terima kasih kepada Kang Emil yang bersedia mendatanginya langsung ke Balai Kota DKI. Menurut dia, sinergi antardaerah perlu terus dilakukan.

"Beliau saya kenal sejak jadi Wali Kota. Hari ini bertemu lagi di sini dan sesama pemerintah daerah saling bekerja sama. Saya terima kasih juga sudah banyak dibantu untuk air bersih dan lain-lain. Banyak lagi yang kami diskusikan supaya kita sinergitas," beber Heru.