Presiden Putin dan Lukashenko Tidak Sebut Perang Ukraina Dalam Pertemuan di Minsk, Amerika Serikat Mengamati Belarusia
Ilustrasi Presiden Vladimir Putin bersama Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Belarusia Alexander Lukashenko memuji hubungan yang semakin dekat pada Hari Senin, hampir tidak menyebutkan perang yang berkecamuk di Ukraina pada konferensi pers bersama.

Pasukan Rusia diketahui menggunakan Belarusia sebagai landasan peluncuran untuk serangan gagal mereka di ibu kota Ukraina, Kyiv, pada Februari, dan telah terjadi aktivitas militer Rusia dan Belarusia di sana selama berbulan-bulan.

Komandan pasukan gabungan Ukraina Serhiy Nayev mengatakan dia yakin pembicaraan Minsk akan membahas "agresi lebih lanjut terhadap Ukraina dan keterlibatan yang lebih luas dari angkatan bersenjata Belarusia dalam operasi melawan Ukraina."

Alih-alih perang, kedua pemimpin menyampaikan masalah keselarasan ekonomi, industri hingga pertahanan yang semakin erat antara kedua negara saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Oposisi politik Belarusia, yang sebagian besar didorong ke penjara, pengasingan atau pembungkaman, takut akan aneksasi atau "penyerapan" Rusia yang merayap dari tetangga Slavianya yang jauh lebih kecil yang, seperti Rusia, telah dirugikan oleh sanksi ekonomi Barat. Baik Presiden Putin maupun Lukashenko menolak gagasan itu.

"Rusia tidak tertarik untuk menyerap siapa pun,. Tidak ada gunanya dalam hal ini ... Ini bukan pengambilalihan, ini masalah penyelarasan kebijakan," kata Presiden Putin, melansir Reuters 20 Desember.

Ditanya tentang komentar ini, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan, itu harus diperlakukan sebagai "ketinggian ironi", mengingat itu "berasal dari seorang pemimpin yang sedang mencari pada saat ini, saat ini, untuk dengan kekerasan menyerap kedamaian tetangganya.

Dia menambahkan, Washington akan terus mengamati dengan cermat apakah Belarusia akan memberikan dukungan tambahan kepada Putin atau tidak, akan menanggapi "dengan tepat" jika itu dilakukan.

Lukashenko, pada satu titik menyebut Putin sebagai "kakak laki-laki", memuji Rusia sebagai teman yang telah "mengulurkan tangannya kepada kami", memberi Belarusia minyak dan gas dengan harga diskon.

"Rusia dapat mengelola tanpa kami, tetapi kami tidak dapat (mengelola) tanpa Rusia," katanya.

Persepsi bahwa Presiden Lukashenko bergantung pada Putin untuk kelangsungan hidupnya telah mengipasi ketakutan di Kyiv, bahwa Presiden Putin akan menekannya untuk bergabung dengan serangan darat baru dan membuka front baru dalam invasi Rusia ke Ukraina.

Jenderal top Ukraina, Valery Zaluzhniy, mengatakan kepada The Economist pekan lalu, Rusia sedang mempersiapkan 200.000 pasukan baru untuk serangan besar yang bisa datang dari timur, selatan atau Belarus pada awal Januari, tetapi lebih mungkin di musim semi.

Diketahui, Moskow dan Minsk telah membentuk unit militer gabungan di Belarusia dan mengadakan banyak latihan. Tiga pesawat tempur Rusia serta pesawat peringatan dini dan kontrol udara (AWACS) dikerahkan ke Belarusia minggu lalu.

Tetapi, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov yang berbicara kepada kantor berita Rusia sebelum pertemuan menyebut, penilaian Moskow ingin menarik Minsk ke dalam konflik sebagai "kebodohan dan tidak berdasar".