Cerita Ganjar Temani Istri Lari UGM Ultra 73K untuk Amal
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Pagi hari, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah berdiri di sisi jalan Titik Nol Kilometer atau perempatan Kantor Pos Indonesia Yogyakarta. Dia sedang pemanasan dan mengenakan kaos olahraga warna dominan biru bertulis “UGM Ultra 73K Charity Run”.

Ganjar sedang menyambut Atikoh, istrinya yang mengikuti lari amal bersama ratusan pelari lain, dalam rangka Dies Natalis ke-73 Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Atikoh start mulai pukul 01.00 WIB dari KM 36,5. Ganjar yang memapak pun ikut lari sekitar sembilan kilometer, bersama menuju finish di komplek Kampus UGM.

Event lari kali ini bertujuan untuk mengumpulkan donasi. Donasi tersebut akan disalurkan kepada mahasiswa berprestasi dari kelurga kurang mampu, agar dapat mendukung perkuliahan di kampus UGM.

“Jadi di antara mereka nanti akan dibantu dengan yang mau menyumbang. Mudah-mudahan banyak donatur yang akan menyumbang,” kata Ganjar dalam keterangannya, Senin 19 Desember.

Ganjar mengatakan, Kagama memang kerap melakukan aksi sosial yang dikemas dengan event olahraga sehat. Tak hanya untuk membantu mahasiswa tidak mampu, Ganjar menyebut para alumnus UGM ini juga sering menggalang donasi pemulihan bencana alam.

Sementara itu, Atikoh merasa senang bisa membantu mahasiswa yang membutuhkan. Di samping itu, Atikoh juga gembira lantaran rute lari yang dilalui mengasyikkan.

“Rute asyik, kalau saya ikut start yang dari KM 36,5 jadi mulai jam 1 malam kondisinya Yogya jam 1 ramai, jadi asyik, dan tiap 12,5 (kilometer) berhenti ada WS (Water Station) dan salat di pertengahan jalan,” katanya.

Atikoh berharap, semakin banyak kepedulian terhadap kawan-kawan mahasiswa dan pendidikan mereka. Dia pun mengajak anggota Kagama untuk tak bosan berbagi.

“Harapannya semakin banyak orang yang tergerak, ikut olahraganya, dan ikut berbagi untuk sesama. Karena filosofi kita itu berlari untuk berbagi,” tandasnya.

Sebagai informasi, Ganjar dan Atikoh kerap terlihat berlari bersama untuk menggalang donasi. Teranyar, keduanya mengikuti Road To Run Against Cancer (RAC) untuk membantu penyintas kanker.