NTB Jadi Provinsi ke-19 yang Rumah Sakitnya Sukses Operasi Bedah Jantung
Tangkapan layar suasana operasi bedah jantung terbuka pertama di RSUD Provinsi NTB yang ditunjukkan saat sesi konferensi pers daring, Jumat (16/12/2022). (ANTARA/YouTube Kementerian Kesehatan RI)

Bagikan:

JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sukses melakukan operasi bedah jantung terbuka untuk yang pertama kalinya.

“Kita telah melakukan operasi bedah jantung pertama di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pasien saat ini sudah di ICU, sudah selesai, operasi dimulai jam tujuh tadi pagi,” kata Ketua Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Hananto Andriantoro dalam konferensi pers secara daring, Jumat 16 Desember.

Ia menyampaikan, RSUD NTB sudah selayaknya pada tingkat utama dapat melakukan tindakan bedah jantung terbuka. Pasalnya, kata dia, 1,5 persen dari total 5,2 juta warga NTB di delapan kabupaten dan dua kota menderita penyakit jantung koroner.

Hananto bilang, tindakan intervensi yang dilakukan RSUD NTB juga sudah mendekati 1.000 tindakan dalam satu tahun.

“Persiapan dilakukan cukup singkat. Saya memberi apresiasi kepada tim rumah sakit yang mempersiapkan kurang dari satu tahun, baik SDM disekolahkan, kamar operasi serta ICU. Pasien satu minggu yang lalu sudah dilakukan asesmen ulang dan insyaallah besok hari akan kita operasi satu lagi,” tuturnya disitat Antara.

Direktur Utama RSUD NTB Lalu Herman menuturkan, jumlah kunjungan ke RSUD NTB terkait dengan jantung mencapai 900-1.300 orang per tahun.

Dari jumlah itu, 500 pasien memerlukan rawat inap dan 200 lainnya dirujuk berobat ke luar daerah, seperti Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta.

Melalui kesuksesan operasi pertama bedah jantung terbuka, Herman berharap, RSUD NTB menjadi rumah sakit mandiri dalam penanganan pasien penyakit jantung serta mampu memberikan pengampuan layanan kardiovaskular kepada rumah sakit-rumah sakit lainnya.

“Ini merupakan kado yang terbaik di usia Provinsi NTB yang ke-64. Semoga ke depan, Rumah Sakit Provinsi Nusa Tenggara Barat ini bisa lebih maju,” tuturnya.

Adapun RSUD NTB menjadi rumah sakit di provinsi ke-19 yang mampu melaksanakan operasi bedah jantung terbuka. Pencapaian tersebut sejalan dengan program Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang menargetkan 34 provinsi di Indonesia mampu melakukan operasi bedah jantung terbuka pada 2027.

Menkes Budi yang turut hadir melalui sambungan video menuturkan bahwa saat ini setengah dari 514 kabupaten/kota telah bisa melakukan intervensi kateterisasi dan tentu diharapkan bisa berlanjut ke operasi bedah jantung terbuka.

“Sehingga, masyarakat kita yang terkena serangan jantung yang merupakan nomor 2 dan tingkat kematian sesudah stroke tapi nomor 1 dari beban biaya BPJS, itu bisa tertangani,” ucapnya.

Ia juga berharap, RSUD NTB dapat terus meningkat kualitas pelayanan di bidang lain,seperti stroke, kanker, dan juga yang terkait dengan ginjal.