Polemik SDN 1 Pondok Cina Depok, Ridwan Kamil Tunda Dana Pembangunan Masjid Raya
Pintu gerbang SDN 1 Pondok Cina Depok/ Foto: Jehan/ VOI

Bagikan:

DEPOK – Polemik penggusuran SDN 1 Pondok Cina, Depok membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunda pencairan dana bantuan pembangunan masjid raya.

“Saya kirim surat, dananya ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Senin, 12 Desember.

Seperti diketahui, rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggusur SDN 1 Pondok Cina dan membangun masjid raya di area tersebut mendapat perlawanan dari para orang tua murid.

Bahkan sejumlah orang tua murid rela menginap di SDN 1 Pondok Cina agar bangunan yang berdiri sejak puluhan tahun lalu itu tetap bertahan.

Dengan adanya persoalan itu, Ridwan Kamil meminta kepada Wali Kota Depok Mohammad Idris untuk mengedepankan musyawarah, termasuk rencana pembangunan masjid raya.

“Saya juga kirim surat, tolong dikedepankan musyarawah. Tidak ada yang menang dan kalah, semua win solution. Maka musyawarahkan dengan baik,” katanya.

Saat ditanya tanggapannya soal orang tua murid yang mengadang petugas untuk menghalau penggusuran, Ridwan Kamil mengaku tidak dapat mencampuri masalah teknis. Karena menurutnya itu wewenang Wali Kota Depok.

“Saya tidak bisa mencampuri lebih jauh. Karena kewenangan ada di wali kota.,” tutupnya.