Begini Rekayasa Lalin Sekitar Pura Mangkunegaran Saat Pernikahan Kaesang dan Erina Minggu Besok
Ilustrasi rekayasan lalin digelar Korlantas Polri menghadapi KTT G20 Bali. (Antara-Sulthony A)

Bagikan:

SOLO - Anak bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menjalani prosesi pernikahan tasyakuran ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran, Solo, pada Minggu 11 Desember. Polda Jawa Tengah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi untuk mencegah kemacetan.

Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy mengatakan polisi memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di lima titik.

"Pengalihan arus lalu lintas itu untuk mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas di sekitar Pura Mangkunegaran pada hari Minggu (11 Desember)," katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat 9 Desember.

Adapun pengalihan arus lalu lintas di lima titik meliputi simpang empat KFC Jalan Slamet Riyadi ke arah Mangkunegaran, kemudian dialihkan belok kiri melalui Jalan Teuku umar.

Selanjutnya, dari Jalan Soegijapranata yang menuju ke Pura Mangkunegaran, dialihkan melalui Jalan Ronggo Warsito.

Selain itu, berdasarkan laporan Antara rekayasan termasuk kendaraan dari Monumen Pers menuju Pura Mangkunegaran dialihkan ke kanan lewat Jalan Gajah Mada, arus lalin dari arah timur ke arah Mangkunegaran dialihkan ke arah Jalan Ronggo Warsito.

Kemudian, perempatan Masjid Solichin menuju arah Pura Mangkunegaran dialihkan ke arah Jalan Gajah Mada.

"Arus lalin ke arah Mangkunegaran sementara dialihkan pada hari Minggu (11 Desember) mulai pukul 05.00 hingga 23.00 WIB," kata Iqbal.

Kepada warga Solo, Iqbal memohon maaf jika aktivitasnya menjadi terganggu. Meski demikian, polisi berupaya agar arus lalu lintas tetap lancar.

Sebelumnya, Polda Jateng menjamin lalin di Kota Solo tetap lancar karena pihaknya telah menyiapkan rekayasa arus dan tim urai pada rangkaian acara kirab dan tasyakuran Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

"Kami menjamin seluruh rangkaian kirab dan tasyakuran ngunduh mantu Kaesang dan Erina, serta kelancaran arus di Kota Surakarta tetap terjaga," kata Iqbal.

Kepolisian telah menyiapkan sejumlah tim urai lalu lintas di lima polsek, wilayah hukum Polres Kota Surakarta. Rekayasa lalu lintas, kata dia, akan dilakukan pada momen kirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

Ia menyebutkan rute kirab mulai depan Loji Gandrung dan melalui ruas jalan yaitu simpang tiga Sriwedari, simpang tiga PN, simpang empat Hotel Novotel, dan seterusnya hingga nanti finis di Gapura Mangkunegaran.