Waspada Banjir ROB di Pesisir Jakarta Sampai 13 Desember
Kawasan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara diterjang banjir rob pada 5 Juni 2020. (Antara-M Risyal H)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir Jakarta untuk mewaspadai potensi datangnya banjir pesisir atau rob.

Banjir rob diprediksi melanda mulai hari ini sampai 28 November mendatang. Informasi itu berdasarkan data terkini diperoleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Priok.

"Waspada banjir pesisir (rob) Provinsi DKI Jakarta durasi 6 Desember sampai dengan 13 Desember pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIB," tulis akun Instagram @bpbddkijakarta, dikutip Selasa 6 Desember.

Wilayah pesisir DKI Jakarta seperti di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir.

BPBD DKI mengungkapkan, potensi banjir rob pada enam kelurahan yang terletak di Jakarta Utara ini terjadi seiring dengan kenaikan muka air laut.

"Adanya aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan baru mempengaruhi dinamika pesisir pantai yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau rob," urai BPBD DKI Jakarta.

BPBD DKI Jakarta meminta masyarakat memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112.