Besok Hari Terakhir Pencarian Pilot AKP Arief Rahman, Tim SAR Gabungan Fokus Penyelaman Bawah Laut
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkal Pinang, I Made Oka Astawa

Bagikan:

JAKARTA - Tim SAR gabungan akan melanjutkan pencarian kapten pilot helikopter Polri NBO-105 P-1103, AKP Arief Rahman di Perairan Manggar, Kabupaten Belitung Timur besok hari, Sabtu, 3 Desember. Pencarian hari ke tujuh itu sebagai pencarian terakhir.

Tim SAR gabungan akan mengerahkan personel penyelam dan sejumlah peralatan bawah air.

"Besok hari ketujuh, hari terakhir di dalam proses pencarian kita maksimalkan. Fokus pencarian di underwatter. Besok fokus penyelaman. Secara (alat) elektronik dimaksimalkan, secara manual dilakukan penyelaman," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkal Pinang, I Made Oka Astawa saat dikonfirmasi VOI, Jumat, 2 Desember.

Sebelumnya, I Made Oka menduga bahwa keberadaan pilot Helikopter NBO-105 Polri masih berada di dalam kokpit. Selain akan dilakukan penyelaman pada pencarian di hari ketujuh besok, Tim SAR Gabungan juga masih melakukan monitoring di permukaan laut dan udara.

"Operasi permukaan hanya monitor, sudah dimaksimalkan. Pencarian di atas permukaan dan di udara sudah tercover. Pinggir karang disisir oleh personel yang berjalan menyusuri pantai dan menginformasikan kepada nelayan," ujarnya.

Meski besok adalah hari ketujuh pencarian korban, I Made Oka Astawa menyebutkan bahwa pihaknya masih fokus ke penyelaman untuk mencari korban pada Sabtu besok.

"Terkait perpanjangan akan dievaluasi besok, setelah melakukan penyelaman di bawah air," katanya.