Viral! Bos JNE Berfoto Bersama Rizieq, Cek Faktanya
Ilustrasi (Foto: Instagram @jne.id)

Bagikan:

JAKARTA -  Akun Twitter @nila_mrt membagikan sebuah foto yang menampakkan Rizieq Shihab bersama seorang lelaki. Akun ini memberi narasi bahwa lelaki yang berfoto bersama Rizieq adalah bos JNE, perusahaan jasa pengiriman.

Unggahan itu, menyematkan narasi: “Wajah bos JNE kok sebangsa dgn rizieq dan wa abud ya? Myaman juga kayaknya. Pantesan kadrun” tulis akun @nila_mrt pada Senin, 14 Desember.

Tangkap layar turnbackhoax.id

Dari hasil penelusuran turnbackhoax.id, narasi tersebut adalah hoaks atau tidak benar. Faktanya, seorang yang berfoto dengan Rizieq Shihab pada gambar adalah Hanny Kristianto, Direktur IKHLAAS Foundation dan Sekjen Mualaf Center Indonesia (MCI).

"Klaim bahwa bos JNE bersalaman dengan HRS sebagaimana pada gambar adalah hoax dan termasuk kategori konten menyesatkan," tulis situs turnbackhoax.id.

Dilansir dari website fpi-online(dot)com, Hanny Kristianto saat itu sedang mengunjungi kediaman Rizieq Shihab di Mekkah pada tahun 2018. Dalam beberapa kali kesempatan memang Hanny Kristianto bersama lembaganya bekerjasama dengan jasa pengiriman JNE untuk pendistribusian santunan.

Namun, turnbackhoax.id tidak menemukan nama Hanny Kristianto sebagai petinggi JNE dalam situs resmi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Dalam website resmi JNE, diketahui bahwa Presiden Direktur JNE bernama Mohamad Feriadi serta Chandra Fireta dan Edi Santoso sebagai direktur.