Prabowo Tekankan Tradisi Politik Bebas Aktif sebagai Panduan RI Hadapi Tantangan Dunia
Prabowo Subianto/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkap tiga tantangan yang kini dihadapi dunia. Tantangan ini bisa dihadapi dengan politik bebas aktif.

“Tantangan global yang saat ini dihadapi adalah the rise of China, food, energy and water security, dan climate change,” kata Prabowo dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 25 November.

Hal ini disampaikan Prabowo  saat menjadi keynote speaker di salah satu sesi IdeaTalks dalam acara IdeaFest 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center.

Prabowo menyebut, sebagian masalah tersebut merupakan masalah yang nantinya akan dihadapi oleh generasi penerus bangsa. Tapi Prabowo menilai politik bebas aktif yang dianut Indonesia merupakan salah satu ‘panduan’ bagi anak muda untuk menghadapi tantangan ini.

“Untung kita punya tradisi bebas aktif, tradisi kita seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak. Itu wisdom dari bapak bangsa, inilah yang saya terima, kita warisi kepada generasi penerus,” ungkap Prabowo.

“Jangan mau dibawa ke sini, jangan mau dibawa ke sana. Hormati semua. Semuanya harus mengejar apa yang diminta rakyat. Rakyat butuh kemakmuran,” paparnya.

Untuk menggapai kemakmuran, lanjut Prabowo, diperlukan upaya untuk mencapai perdamaian.

Menhan Prabowo Subianto/DOK Tim Media Prabowo Subianto

Prabowo pun mengapresiasi terselenggaranya IdeaFest 2022. Ia menyebut ruang diskusi seperti yang ini merupakan langkah baik untuk bertukar gagasan antar anak muda yang peduli dengan bangsa.