Pagi Ini, Dua Jalan di Jakarta Tergenang Hingga 25 Sentimeter
Ilustrasi hujan di Jakarta (Photo by Fadhila Nurhakim on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat dua ruas jalan tergenang hingga 25 sentimeter per pukul 09.55 WIB akibat hujan yang melanda pagi ini. Selain itu, 2 RT di Jakarta juga terendam banjir.

"BPBD mencatat saat ini terdapat 2 ruas jalan tergenang dan 2 RT atau 0,007 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Kamis, 17 November.

Dua ruas jalan tersebut adalah Jalan Strategi Raya, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat dengan ketinggian air mencapai 20 sentimeter dan Jalan Hiu, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan ketinggian air 25 mencapai sentimeter.

Kemudian, 2 RT terendam terletak di Jakarta Barat yakni 1 RT di Kelurahan Kembangan Utara dengan ketinggian 25 sentimeter dan di Kelurahan Joglo dengan ketinggian air mencapai 20 sentimeter.

Isnawa menguraikan, pihaknya mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ungkap dia.

Pagi tadi, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada pagi ini, menyebabkan kenaikan status siaga Pos Cipinang Hulu menjadi Siaga 3 (Waspada), serta genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan masih berpotensi terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang hingga pukul 13.00 WIB.

Diperkirakan, hujan hingga siang ini terjadi di Kecamatan Gambir, Sawah Besar, Kemayoran, Senen, Cempaka Putih, Menteng, Tanah Abag, dan Johar Baru, Pademangan, Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading.

Kemudian, Kecamatan Cengkareng, Grogol Petamburan, Taman Sari, Tambora, Kebon Jeruk, Kalideres, Palmerah, Kembangan, Setiabudi, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Pesanggrahan, Tebet, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Pancoran, Matraman, Pulogadung, Jatinegara, dan Kepulauan Seribu Selatan.