Seluruh Penumpang Kapal Mutiara Timur yang Terbakar di Karangasem Bali Berhasil Dievakuasi
Tim SAR melakukan proses evakuasi penumpang kapal Mutiara Timur I yang terbakar di Karangasem, Bali/DOK SAR BALI

Bagikan:

KARANGASEM - Ratusan penumpang kapal Mutiara Timur yang terbakar di perairan Karangasem, Bali, berhasil dievakuasi tim SAR gabungan.

"Di tempat kejadian kapal terbakar, kebetulan unsur SAR terdekat ada Kapal Angkatan Laut Kadet 6 dan Kapal Angkatan Laut Kadet 7 dan segera melaksanakan evakuasi," kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada, Rabu, 16 November.

Tim SAR yang menerima laporan kebakaran kapal Mutiara Timur saat itu langsung mengerahkan personel. Evakuasi dilakukan terhadap penumpang dan anak buah kapal (ABK).

"Terakhir kami komunikasi dengan kapten kapal terkonfirmasi jumlah penumpang dan ABK yang semula 271 orang, ternyata menjadi 258 orang. Di mana ABK berjumlah 24 dan sisanya 234  orang penumpang," ujarnya. 

Kasat Polair Polres Karangasem AKP I Gusti Bagus Suteja sebelumnya membenarkan peristiwa tersebut. Terbakarnya kapal Mutiara Timur terjadi di perairan Amed, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali.

"Iya benar ada kapal terbakar di Perairan Amed, Karangasem, Bali. Tim kami juga menuju ke sana kejadian sekitar 30 menit yang lalu," kata AKP Suteja saat dihubungi, Rabu, 16 November.