Sandiaga Beberkan Kunci Utama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bisa Pulih Setelah Pandemi
Sandiaga Uno (Foto via Kementerian)

Bagikan:

JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Uno membeberkan kunci utama pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia bisa pulih pasca COVID-19.

Menurut Sandiaga Uno, digitalisasi merupakan kunci utama dalam pemulihan sektor parekraf di Indonesia setelah hancur dihantam pandemi.

Sandiaga Uno mengatakan pandemi telah memberikan dampak yang sangat besar bagi berbagai sektor kehidupan di Indonesia dan di seluruh dunia, khususnya di sektor parekraf. Di mana, sektor parekraf mengalami penurunan hingga 80 persen pada 2020 dan 75 persen pada 2021.

"Namun berkat kerja keras Bangsa Indonesia dan berkat kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa berangsur pulih melalui digitalisasi. Dan dengan dukungan UMKM kita bisa menghadirkan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas dibandingkan sebelum pandemi COVID-19," kata Sandiaga dalam siaran persnya, Selasa 15 November.

Sandiaga Uno menjelaskan melalui digitalisasi di sektor parekraf, berbagai jenis lapangan kerja baru ikut bermunculan seperti kehadiran berbagai konten kreator yang menjamur di masa pandemi. 

"Saya yakin melalui digitalisasi kita bisa recover stronger, dan melalui penyesuaian dengan arsitektur kesehatan global kita bisa recover better," ungkapnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu optimis, dalam dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun mendatang, sektor parekraf mampu mendatangkan angka investasi sekitar 6-8 miliar dolar AS. Maka dari itu, Sandiaga Uno mengajak para investor asing untuk segera berinvestasi di sektor parekraf Tanah Air.

"Menurut saya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini memiliki peluang (investasi) yang besar dan sektor ini berdampak besar bagi masyarakat," ujar Sandiaga Uno.

Selain itu, Sandiaga Uno juga turut mengajak delegasi peserta KTT G20 dan B20 untuk memperpanjang masa tinggalnya di Indonesia dengan mengunjungi salah satu dari lima destinasi super prioritas yang ada di Indonesia. 

"Lima destinasi prioritas yaitu Candi Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang, dan Mandalika ini sudah kami siapkan untuk menyambut kunjungan wisatawan yang hadir pada B20 dan usai acara (KTT) G20," pungkas Sandiaga Uno.