Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Indonesia siap menerima tamu dan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar pada 15-16 November di Bali. Kepastian ini disampaikannya usai mengecek lokasi kegiatan atau venue kegiatan internasional tersebut.

"Sudah saya cek semuanya dan saya ingin menyatakan kita siap menerima tamu-tamu G20," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 8 November.

Jokowi mengatakan ada 17 kepala negara yang hadir. Di antaranya, Presiden Amerika Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping yang sudah dipastikan hadir.

"Sudah, sudah yang sudah pasti 17. Saya kira dalam posisi normal itu biasanya 17-18 (kepala negara, red)," tegasnya.

Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan akan hadir jika kondisinya memungkinkan. Dua negara yang sedang berperang itu masih melihat situasi terkini.

"Tapi kalau tidak (hadir, red) nanti misalya, seperti kemarin Presiden Zelenskyy akan minta virtual," ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kehadiran kepala negara maupun kepala pemerintahan di Bali dalam gelaran KTT G20 adalah sebuah kehormatan. Apalagi, dunia kini dalam keadaan yang tidak kondusif.

Jokowi mengecek sejumlah venue pelaksanaan KTT G20 bersama dengan para menterinya. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Selain itu, hadir juga dalam rombongan itu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.