Kominfo Bagi-bagi STB Gratis Demi Muluskan Migrasi TV Analog ke Digital, Penerimanya Tercatat di Data PPKE
Ilustrasi. Panel monitor di ruang kontrol PT.MNC Sky Vision, Jakarta, Kamis (20/12). (ANTARA-Yudhi Mahatma)

Bagikan:

TANGERANG - Dinas Kominfo Kota Tangerang mencatat hingga 4 Oktober 2022, jumlah Set Top Box (STB) yang disalurkan oleh Kementerian Kominfo untuk warga kota setempat tercatat 24.017 unit.

"Data Kementerian Kominfo pada 4 Oktober 2022, bantuan STB gratis yang sudah tersalurkan di Kota Tangerang sebanyak 24.017 unit. Saat ini angkanya pasti bertambah," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang Indri Astuti dalam keterangannya di Tangerang, dikutip dari Antara, Minggu 6 November.

Indri menjelaskan, STB gratis itu dibagikan bagi masyarakat yang terdata dalam Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) milik Pemerintah Pusat.

Data PPKE tersebut hasil pemutakhiran basis data keluarga Indonesia yang dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (PK-BKKBN).

Indri mengatakan, program peralihan siaran televisi analog ke digital tersebut merupakan salah satu program nasional melalui Kominfo bekerja sama Kemendagri.

Pada awal program ini diluncurkan, kata Indri, Pemkot Tangerang diminta Kominfo untuk mendata warga yang dinilai berhak untuk mendapatkan bantuan STB.

“Sebagai dukungan, kami menindaklanjuti data yang diminta melalui aplikasi Saba Kota. Namun, ini hanya pendataan untuk diajukan kepada Kementerian,” kata dia.

Berdasarkan data Pemerintah Pusat, kuota bantuan STB gratis untuk Kota Tangerang sebanyak 29.813 unit dan pendistribusiannya dilakukan oleh Kementerian Kominfo dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) ke rumah warga.

"Kuota bantuan STB gratis untuk Kota Tangerang sebanyak 29.813 unit. Tahap persetujuan penerima bantuan dan proses pendistribusiannya adalah wewenang Kementerian," kata Indri.

Selanjutnya, Kementerian membuka Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan di Novotel pada 2-4 Oktober, beriringan dengan wilayah Jabodetabek. "Jadi, bisa dipastikan saat ini angka penerima STB gratis sudah terus bertambah," katanya.

Ia mengaku saat ini pihaknya belum menerima informasi lebih lanjut, apakah ada pembagian STB gratis tahap dua. "Dalam program STB gratis ini, Pemkot Tangerang prinsipnya siap mendukung. Tapi, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut," tandasnya.