Kemenag Tingkatkan Kualitas Agama Kristen di Kepulauan Sangihe
Acara Peningkatan Kompetensi dan Profesionalitas Pengawas Pendidikan Agama Kristen (PAK) se-Sulawesi Utara, Sabtu (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkatkan kualitas agama Kristen di daerah itu dengan kegiatan Kelompok Kerja Pengawas Pendidikan Agama Kristen (Pokjawas PAK) di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Guna meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah kepulauan sehingga kami melakukan kegiatan Kelompok Kerja Pengawas Pendidikan Agama Kristen (Pokjawas PAK) tentang supervisi terpadu di Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Sangihe Mumammad Ali Lintuhaseng, dikutip Antara, Minggu.

Ali Lintuhaseng mengatakan pengawas PAK harus menyusun pedoman supervisi pengawas dengan berpedoman pada tugas yang ada.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta sebanyak 33 orang dari 15 kabupaten/Kota se-Sulut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Sangihe yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Rolla Pella, mengatakan pengawas memegang peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Kristen.

Sebab, katanya, pengawas bertugas memberikan pendampingan dan melakukan supervisi sehingga pembelajaran agama Kristen dapat terselenggara dengan baik.

“Pada gilirannya hal ini akan berdampak positif bagi pembentukan karakter dan kepribadian generasi penerus bangsa,” katanya.

Sedikitnya ada enam kompetensi yang harus terus diasah para pengawas mata pelajaran. Keenam kompetensi itu adalah kompetensi pendidik, profesional, kepribadian, sosial, kompetensi manajerial, dan kompetensi di bidang penelitian.

Acara Peningkatan Kompetensi dan Profesionalitas Pengawas Pendidikan Agama Kristen (PAK) se-Sulawesi Utara ini diselenggarakan selama tiga hari dan diisi dengan diskusi kelompok untuk menyusun draft pedoman supervisi pengawas Agama Kristen di Sulawesi utara serta melaksanakan supervisi ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.