Larangan Jemur Pakaian yang Sejak Lama Bingungkan Warga AS
Ilustrasi foto (Sumber: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di Indonesia, adalah hal umum melihat banyak warga menggantung deretan jemuran baju di depan rumahnya. Selain tak banyak yang memiliki pengering, menjemur baju dianggap lebih efisien. Namun bagaimana jika menjemur baju adalah pelanggaran hukum?

Ratusan ribu orang di seluruh Cascadia dan puluhan juta di seluruh Amerika Serikat (AS) diketahui tinggal di mana asosiasi kepemilikan rumah (HOA) memberlakukan larangan untuk memasang tali jemuran. Orang-orang biasanya mengeringkan pakaiannya yang telah dicuci dengan menjemur guna menghemat uang, memperpanjang masa pakai baju, dan menghindari polusi. 

Mengutip Sightline, Selasa, 8 Desember, sebuah gerakan “hak untuk mengeringkan” telah bermunculan dan memenangi undang-undang (UU) di enam negara bagian --yaitu Florida, Colorado, Hawaii, Maine, Maryland, dan Vermont-- untuk membatalkan larangan ini. Sementara di 13 negara bagian lain, UU akses matahari yang sudah ada tampaknya melindungi orang yang mengeringkan baju dengan memanfaatkan sinar matahari.

Namun ada 19 negara bagian yang tetap memiliki larangan menjemur baju di buku peraturan komunitas, meskipun mereka memiliki UU Penggunaan Tenaga Surya. Kemungkinan jutaan penduduk tidak tahu mereka sudah memiliki hak mengeringkan baju dengan menjemur berkat UU Penggunaan Tenaga Surya.

Banyak di antara UU tersebut sudah ada sejak 1970-an. Amandemen yang tidak jelas terhadap UU Properti Negara juga hampir tidak termasuk dalam kategori pengetahuan umum.

UU Akses Tenaga Surya di Arizona, California, Illinois, Indiana, Louisiana, Massachusetts, Nevada, New Mexico, North Carolina, Texas, Virginia, dan Wisconsin semuanya menjelaskan hak pemilik rumah untuk memasang sistem energi surya, perangkat energi surya, dan sistem untuk mendapatkan energi matahari. Terminologi hukum bervariasi. Tetapi huruf dan semangat dari UU ini memiliki satu pesan yang menyeluruh: pemilik rumah dapat memanfaatkan matahari.

Secara nasional di AS, lebih dari seperempat juta asosiasi pemilik rumah mengatur lebih dari 60 juta orang. Alexander Lee, seorang pejuang gerakan hak untuk mengeringkan memperkirakan "lebih dari setengah aturan membatasi atau melarang pemasangan tali jemuran."

Jika benar, puluhan juta orang AS akan dikenakan larangan jemuran penuh atau sebagian. Sekitar 19 negara bagian, termasuk yang padat penduduk seperti California, Florida, dan Texas memiliki UU hak untuk mengeringkan.

Gabungan fakta ini menunjukkan bahwa jutaan orang AS hidup di bawah larangan jemuran ilegal. Oleh sebab itu kini banyak orang yang mengandalkan UU Akses Tenaga Surya sebagai alasan untuk menjemur baju.

Mereka yang mengikuti gerakan hak untuk mengeringkan juga diharapkan mampu menggaungkan keberanian untuk menjemur tanpa takut melanggar aturan karena hukum sebenarnya berada di pihak mereka. Ambil jemuran dan keranjang cucian, ikat tali dan gantung cucian.