Satu Anak Warga Jakbar Sembuh dari Gangguan Ginjal Akut
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memastikan satu warganya yang pengidap gangguan ginjal akut sudah sembuh setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

"Dari delapan pasien, satu pasien sudah dinyatakan sembuh," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari dikutip ANTARA, Selasa, 25 Oktober.

Erizon mengatakan, satu pasien yang masih di bawah usia lima tahun itu sudah dinyatakan sembuh sejak beberapa waktu lalu.

Soal proses penyembuhan satu pasien tersebut, Erzon belum bisa menjelaskan lantaran penanganan dilakukan oleh pihak RSCM. Hingga saat ini, tujuh pasien lain masih menjalani perawatan intensif di RSCM.

Sebelumnya, tercatat ada delapan pasien gagal ginjal akut asal Jakarta Barat.

"Dalam catatan kami, ada lima warga Cengkareng, dua warga Kebon Jeruk, dan satu warga Kembangan," kata dia.

Ke delapan pasien itu, lanjut Erizon, diketahui memiliki gejala yang sama sebelum teridentifikasi terkena gagal ginjal akut.

"Pada umumnya semua masuk dengan keluhan tidak bisa buang air kecil, nah lainnya mungkin ada demam," kata Erizon.

Namun demikian, Erizon belum bisa memastikan penyebab delapan anak tersebut terkena gagal ginjal akut.

Dia juga belum bisa memastikan apakah mereka mengonsumsi obat penurun panas sirop yang selama ini diduga menjadi penyebab utama gagal ginjal akut pada anak-anak.

"Belum bisa dibuktikan, cuma kalau belajar dari negara asing memang disinyalir karena pelarut obat-obatan tersebut," kata Erizon.

Erizon memastikan ke delapan warga tersebut masih dalam penanganan intensif di rumah sakit.

Erizon juga mengimbau kepada warga untuk menerapkan pola hidup sehat dan memakan makanan bersih demi terhindar dari gagal ginjal akut.