Satu Anak di Bandung Sembuh dari Gagal Ginjal Akut
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Ira Dewi. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung)

Bagikan:

BANDUNG - Satu anak warga Kota Bandung yang mengalami gangguan ginjal akut sudah sembuh. Saat inisudah tidak ada pasien gangguan ginjal akut yang menjalani perawatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Ira Dewi mengatakan rumah sakit di wilayah Kota Bandung sempat menangani 13 pasien anak dengan gangguan ginjal akut, tetapi hanya satu anak yang tercatat sebagai warga Kota Bandung.

"Tidak ada yang dalam perawatan, karena yang satu itu kasus di bulan Agustus, dan sekarang anaknya sudah sehat," kata Ira dilansir ANTARA, Rabu, 2 November.

Dia mengimbau warga memantau kondisi kesehatan anak, termasuk mengecek kemungkinan anak mengalami gejala gangguan ginjal seperti air seninya semakin sedikit atau susah buang air kecil, diare, muntah, serta demam selama tiga sampai lima hari.

Selain itu, dia mengingatkan warga untuk cermat dalam menggunakan obat sirop, tidak menggunakan produk-produk obat sirop yang menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengandung cemaran bahan kimia berbahaya.

Apabila anak mengalami gangguan kesehatan, dia menganjurkan para orang tua segera membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat atau berkonsultasi ke dokter.

"Bawa langsung ke fasilitas kesehatan terdekat, biar nanti petugas yang mendiagnosa apakah anak ini menderita gagal ginjal akut atau bukan," katanya.