Jalur Bandung-Garut di Kadungora Terendam Banjir
Sejumlah warga melintas di jalan perlintasan kereta api di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (21/10/2022). ANTARA/HO-PTKAI

Bagikan:

GARUT  - Personel kepolisian dan petugas lainnya melakukan pengamanan arus lalu lintas di jalur utama Bandung-Garut tepatnya wilayah Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, karena terendam banjir setelah hujan deras mengguyur wilayah Garut.

Kepala Polsek Kadungora Kompol Krisna Irawan mengatakan, hujan deras menyebabkan jalan raya Bandung-Garut terendam, begitu juga jalur rel perlintasan kereta api terendam sehingga mengganggu arus lalu lintas kendaraan.

"Anggota di lapangan sedang melaksanakan pengaturan arus lalu lintas," kata Krisna Irawan dilansir ANTARA, Jumat, 21 Oktober.,

Ketinggian banjir di jalan raya maupun di pintu perlintasan kereta api diperkirakan sekitar 50 sentimeter sampai bantalan rel kereta api tidak terlihat. "Bantalan rel di perlintasan kereta api tidak terlihat karena terendam banjir," ujarnya.

Selain banjir melanda jalan utama Bandung-Garut, bencana alam longsor juga terjadi dan menutup jalur alternatif Bandung-Garut lintas Kamojang, Kecamatan Samarang.

Kapolsek Samarang Kompol Jajang Rahmat membenarkan adanya tanah longsor yang terjadi di empat titik.

Petugas gabungan, kata dia, sudah diturunkan untuk membantu pengendara yang melintasi jalan itu, dan menyingkirkan material longsoran tanah menggunakan kendaraan alat berat. "Sedang diupayakan oleh alat berat," kata dia.

Sebelumnya, hujan deras mengguyur sejumlah daerah di Kabupaten Garut sejak siang hingga menjelang malam.