Bali Dilanda Banjir Jelang KTT G20, Gubernur Koster Pastikan Penanganan Cepat
Gubernur Bali Wayan Koster/FOTO: Dafi-VOI

Bagikan:

DENPASAR - Sejumlah wilayah di Pulau Bali sempat diterjang banjir jelang KTT G20. Gubernur Bali Wayan Koster memastikan penanganan cepat banjir dan dipastikan tidak akan mengganggu perhelatan G20.

"Tidak ada masalah, banjir sudah diatasi. Aman. Sudah aman, apalagi yang dikhawatirkan," kata Koster di Denpasar, Jumat, 21 Oktober.

Menurutnya, pengungsi akibat banjir di wilayah Jembarana, sudah ditangani. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan merelokasi rumah warga yang terdampak banjir.

“Dalam jangka panjang akan dilakukan relokasi warga di Jembrana, itu ada sekitar 20 KK. Itu mungkin direkolasi dan tanahnya sudah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Bali. Itu untuk warga, jadi tidak ada masalah," imbuhnya.

Mengantisipasi bencana alam seperti banjir, BMKG dan BPBD sambung Koster sudah menyiapkan mitigasi.

"Sudah ada monitor dari BMKG dan BPBD. Jadi BPBD Provinsi maupun kabupaten dan kota dan juga dinas terkait itu, supaya selalu melakukan mitigasi kebencanaan dan menghimbau warga untuk berjaga-jaga, terutama di daerah-daerah rawan banjir, rawan banjir bandang dan segala macam. Tapi saya kira (banjir) bandang tidak ada lagi," katanya.