Pantau Obat Sirup, Hari ini Sudinkes Jaksel Keliling RS Swasta dan Klinik
Ilustrasi produk sirup yang tercemar etilen glikol (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan (Jaksel) melakukan monitoring dengan mengunjungi sejumlah fasilitas kesehatan di wilayahnya. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang penghentian obat sirup sementara.

“Jadi kita kemarin sudah melakukan keliling, monitoring ke lapangan semua obat-obat sirup di karantina. Kemarin ke semua fasilitas Pemda dulu, puskemas dan sebagainya. Hari ini kita ke rumah sakit swasta dan klinik,” ujar Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati, Jumat, 21 Oktober.

Yudi menambahkan pihaknya berkeliling tidak berhenti sampai hari ini. Ia menegaskan bila hari Senin, 24 Oktober akan kembali melakukan monitoring ke semua apotek di Jakarta Selatan.

“Senin baru ke apotek dan toko-toko obat,” sebutnya.

Yudi juga mengungkapkan bila obat-obat sirup itu bukan untuk dihilangkan, melainkan hanya disetop sementara penjualannya.

“Disimpan dulu tidak digunakan atau diganti tablet. Tidak ada di display, tidak terpampang di apotek, sudah disimpan. Diamankan di kotak,” tutupnya.

Terkait