Warga Aceh Perlu Hati-hati, Potensi Longsor dan Pohon Tumbang Tinggi di Kawasan Pegunungan Saat Musim Hujan
Kondisi longsor di kawasan Gunong Cincancrang Desa Sawang Kecamatan Setia Bakti Aceh Jaya, Kamis (20/10/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Bagikan:

ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya meminta masyarakat yang melintas di kawasan pegunungan untuk berhati-hati menyusul longsor yang terjadi di Gunong Cincrang Desa Sawang Kecamatan Setia Bakti, Kamis, 20 Oktober sekitar pukul 14.25 WIB.

"Longsor di kawasan Gunong Cincrang menutupi sebagian badan jalan dan saat ini tim sudah melakukan penanganan," jelas Kalak BPBK Aceh Jaya, Fajri dikutip dari Antara.

Longsor tersebut sudah ditangani dan sudah dilakukan pembersihan oleh tim gabungan baik dari Polsek Setia Bakti dan Satlantas Polres Aceh Jaya serta Posramil setempat.

"Alhamdulillah sudah tertangani dan sudah bisa dilewati kembali oleh pelintas baik dari arah Calang-Banda Aceh maupun sebaliknya. Kawasan tersebut memang sangat sering terjadi longsor, apalagi di musim penghujan seperti saat ini,” katanya.

Pihaknya berharap kepada para pengguna jalan untuk selalu berhati-hati pada saat melintasi area pergunungan terutama di kawasan Aceh Jaya yang sudah sangat sering terjadi longsor dan pohon tumbang.

Fajri juga mengatakan saat ini kawasan Aceh Jaya khususnya sedang musim penghujan sehingga kewaspadaan terhadap Banjir dan Longsor juga terus di tingkatkan.

"Kita juga mengingatkan warga untuk dapat membersihkan gorong-gorong dan aliran air sehingga tidak terjadi banjir dan genangan pada musim hujan seperti ini," kata Kalak.

Pihaknya juga terus menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang berada di lokasi rawan bencana untuk siap siaga terhadap bencana yang dapat terjadi kapan saja dalam upaya meminimalisir jatuhnya korban jiwa dari bencana alam tersebut.