Kementerian PUPR Segera Perbaiki Tanggul Jebol di Aceh Utara
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi tanggul sungai yang jebol akibat banjir di Desa Meunasah Mancang, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (18/10/2022). ANTARA/Dedy Syahputra

Bagikan:

BANDA ACEH - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pemerintah segera memperbaiki sejumlah tanggul sungai yang jebol akibat banjir di Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

"Kami pastikan akan memperbaiki sejumlah tanggul sungai yang jebol di Aceh Utara untuk mencegah banjir kembali terjadi," kata Basuki di Aceh Utara, Aceh dilansir ANTARA, Selasa, 18 Oktober.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat meninjau lokasi tanggul sungai yang jebol akibat banjir di Desa Meunasah Mancang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Basuki mengatakan kedatangannya meninjau lokasi tanggul sungai yang jebol merupakan arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo. Presiden juga mengarahkan agar segera memperbaiki tanggul jebol tersebut.

"Tanggul sungai yang jebol ini akan segera diperbaiki agar masyarakat kawasan daerah aliran sungai dapat terhindar dari bencana banjir pada musim hujan," kata menteri PUPR.

Selain di Desa Mancang, katanya, pihaknya juga menerima laporan tanggul jebol di tiga lokasi lain di Kabupaten Aceh Utara yaitu Gampong Jok dan Gampong Manyang.

"Menurut laporan yang saya terima, ada empat titik jebol tanggul akibat banjir. Pelaksana juga sudah mendatangkan alat berat ke lokasi dan mudah-mudahan dalam minggu ini selesai," imbuh Basuki.

Basuki mengatakan keseluruhan tanggul jebol akibat banjir di Kabupaten Aceh Utara mencapai 18 titik. Namun, untuk sementara akan diperbaiki empat titik dengan tingkat kerusakan cukup parah.

Usai meninjau tanggung jebol di Desa Mancang, rombongan Menteri PUPR bergerak ke kawasan Kabupaten Aceh Timur untuk meninjau pembangunan jaringan irigasi Langkahan-Arakundoe yang didanai APBN.