Portugal Gratiskan Vaksin COVID-19 untuk Semua Rakyatnya
Ilustrasi vaksin (Unsplash/CDC)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Portugal bakal memberikan vaksin COVID-19 gratis kepada semua rakyatnya. Rencananya, fase pertama vaksinasi dilakukan mulai bulan depan dengan target 10 persen populasi warga Portugal. 

Melansir Reuters, Jumat 4 Desember, mereka yang diprioritaskan mendapatkan vaksin pertama adalah mereka yang berusia di atas 50 tahun. Sebab, pada usia itu banyak orang rentan terkena penyakit seperti jantung atau masalah paru-paru. Penyakit itu dapat diperburuk oleh COVID-19.

Setelah lansia, prioritas jatuh kepada tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan melawan COVID-19. Prioritas selanjutnya ada militer keamanan, hingga orang-orang yang bekerja di panti jompo. Fase ini targetnya akan berlangsung sampai Februari bahkan bisa sampai April, jika ada kendala berarti.

“Kami sudah dapat melihat cahaya di ujung jalan, tetapi tidak semua vaksin tiba pada hari pertama. Mereka akan tiba secara bertahap sepanjang tahun,” kata Perdana Menteri, Antonio Costa.

Sementara itu, 2,7 juta orang lainnya direncakan akan mendapatkan vaksin COVID-19 dalam fase kedua. targetnya masih sama, yakni mereka yang berusia lanjut. Lantaran itu, seluruh populasi diharapkan dapat di vaksin selama fase ketiga.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan, Marta Temido mengatakan negaranya akan membeli 22 juta dosis vaksin COVID-19 seharga 243,14 juta. Empunya kebijakan pun telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan produsen vaksin seperti CureVac, Pfizer-BioNTech, Moderna, Johnson & Johnson, Sanofi dan GSK.

Sejauh ini Portugal telah mengonfirmasi 303.846 kasus penularan COVID-19. Di antara itu, terdapat 4.645 kasus meninggal dunia.