Dinkes Bandung Lakukan Pelacakan Terkait  3 Kasus Gagal Ginjal Akut
Pelaksana Tugas Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian. (ANTARA/HO-Dinkes Kota Bandung)

Bagikan:

BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Jawa Barat melakukan pelacakan terkait dengan tiga warga setempat yang diduga terkonfirmasi penyakit gagal ginjal akut misterius.

Pelaksana Tugas Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian  mengatakan tiga pasien tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).

Mereka mengalami atau menunjukkan gejala yang mirip dengan gagal ginjal akut misterius.

"Kami baru dapat datanya dari RSHS, tapi kami harus melacak dulu untuk memastikan istilahnya penyelidikan epidemiologi (PE). Nanti akan kami datangi orang tuanya untuk kami cek kronologis dan lain sebagainya," katanya dilansir ANTARA, Senin, 17 Oktober.

Dia menjelaskan gejala yang dialami oleh para pasien itu, antara lain demam, bengkak kaki, penurunan kesadaran, dan  pengurangan frekuensi buang air kecil.

Pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab tiga pasien itu bisa terjangkit penyakit tersebut.

Karena, kata dia, penyebab penyakit itu juga harus dijelaskan oleh pihak ahli.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana Dewi mengatakan di Jawa Barat terdapat 10 orang yang diduga terjangkit gagal ginjal akut misterius. Dari 10 orang itu, tiga di antaranya warga Kota Bandung.

Pihaknya masih terus memantau kasus-kasus tersebut serta berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

"Kami kerja sama dengan IDAI, dan selama ini IDAI akan terus berusaha agar semua itu tertanggulangi. Ada di 10 kabupaten dan kota di Jabar, cuma saya belum bisa mendahului," kata dia.