Bagikan:

JAKARTA - Ketika memasuki kelas 12 atau kelas 3 SMA, rencana berikutnya yang terbuka lebar setelah lulus adalah melanjutkan kuliah.

Meski begitu, banyak anak SMA yang biasanya masih bimbang dalam menentukan kampus yang ingin ia tuju atau jurusan idaman. Kebimbangan ini bahkan sering masih terjadi bahkan sampai mereka menjelang lulus.

Agar tidak terus dilanda kebingungan, sebenarnya kamu bisa menyibukkan diri dengan belajar sambil terus menimbang-nimbang kampus dan jurusan yang ingin dituju. Kamu juga dapat melakukan belajar tambahan dengan Quipper Bimbel. Walaupun dilakukan online, kamu juga dapat merasakan vibes dan pembelajaran ala bimbel SMA terdekat via Quipper.

Apalagi, Quipper juga menyediakan sesi belajar interaktif lewat Live Class. Adapun, Live Class ini diadakan sebanyak 14-16 kali per bulan.

Dengan belajar di Quipper, kamu juga bisa saja menemukan bakat dan kemampuanmu yang sebenarnya agar dapat menentukan kampus serta jurusan yang sesuai.

Perlu diingat, kampus ataupun jurusan yang kamu pilih akan sangat berpengaruh pada masa depanmu.

Karena itu, baik pemilihan kampus ataupun jurusan tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Sebenarnya, terdapat banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan saat ingin memilih kampus favorit maupun jurusan idaman.

Biar tidak menyesal di masa depan, berikut ini ulasan yang dapat membantumu dalam memilih kampus ataupun jurusan. Simak ulasannya berikut ini ya!

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Kampus & Jurusan

Sebelum mendaftar kuliah, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih kampus ataupun jurusan. Perlu diingat, tidak semua jurusan yang ingin kamu pilih tersedia pada kampus favorit. Jadi, apakah harus memilih kampus atau jurusannya? Berikut perbandingannya!

Jika Memilih Kampus Menjadi Prioritas Kamu

1.    Bisa Mendapatkan Privilege 

Perlu diingat, jika memilih kampus menjadi prioritas bagi kamu, sebaiknya pilihlah perguruan tinggi negeri terkenal. Sebab, bisa masuk ke perguruan tinggi negeri terkenal bisa dibilang merupakan sebuah privilege.

Apalagi, perguruan tinggi negeri terkenal biasanya sudah dilengkapi fasilitas dan lingkungan belajar mengajar berkualitas baik. Jangan lupakan juga ikatan alumni yang mereka miliki akan memperluas networking-mu di masa depan.

2.    Lapangan Berkarir Terbuka Lebih Lebar 

Perlu diketahui, ketika berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri terkenal, maka bisa dibilang lapangan berkarir yang kamu miliki setelah lulus akan terbuka lebih lebar. Sebab, banyak perusahaan yang biasanya masih mempertimbangkan lulusan baru berdasarkan almamater kampusnya.

Dengan lulus dari perguruan tinggi negeri terkenal, maka peluangmu bisa diterima pada sebuah perusahaan akan lebih besar dan lebih cepat dari lulusan lainnya. Apalagi, alumni dari perguruan tinggi negeri terkenal biasanya tersebar pada perusahaan-perusahaan besar. Bisa saja kamu diterima di salah satu perusahaan besar tersebut karena satu almamater kampus dengan sang interviewer.

3.    Lebih Terdorong Untuk Mengembangkan Diri Di Luar Kelas  

Kebanyakan perguruan tinggi negeri terkenal mendorong para mahasiswanya tidak hanya mengejar prestasi akademik saja. Karena itu, kegiatan berorganisasi ataupun kegiatan di luar kelas lainnya bisa menjadi indikator prestasi yang diperhitungkan oleh mereka.

Karena hal tersebut, biasanya mahasiswa di perguruan tinggi negeri terkenal lebih termotivasi untuk melakukan kegiatan lain di luar kelas yang bisa mengembangkan dirinya. Perlu kamu tahu, beberapa perusahaan biasanya juga mempertimbangkan kegiatan di luar kelas seperti aktivitas organisasi ketika ingin menerima seorang karyawan.

Jika Memilih Jurusan Menjadi Prioritas Kamu

1.    Akan Lebih Menikmati Proses Pembelajaran  

Harus dipahami bahwa jurusan yang kamu pilih besar kemungkinan juga akan menjadi profesimu di masa depan. Karena itu, jika kamu menjadikan jurusan sebagai prioritas ketika ingin kuliah, sudah pasti akan menikmati proses pembelajarannya. Dengan menikmati proses pembelajaran, niscaya kamu akan bisa berprestasi lebih. Kamu pun bisa lebih bersemangat dalam menjalani masa kuliah.

2.    Tujuan Karier Sudah Terpampang Dengan Jelas   

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jurusan yang kamu pilih dalam kuliah sudah hampir pasti akan menjadi profesimu dalam berkarier di masa depan. Sebagai contoh, jika kamu mengambil kuliah kedokteran. Maka, hampir bisa dipastikan bahwa kamu akan berkarir sebagai seorang dokter nantinya setelah lulus.

3.    Lebih Terdorong Untuk Mengembangkan Diri Di Dalam Kelas 

Ketika memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minatmu, tentunya hal ini akan memotivasi kamu agar dapat berprestasi di dalam kelas. Apalagi dengan minat belajar tinggi akan materi yang akan dipelajari pada jurusan kuliah favorit, niscaya akan lebih banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan.

Supaya bisa dapat lebih banyak insight soal dunia kampus, termasuk tentang jurusannya, kamu bisa menggunakan Quipper Video Masterclass. Untuk dapat mengaksesnya, kamu dapat memilih paket belajar SMA Super Plus dari Quipper.

Sebab, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat memilih paket belajar tersebut. Mulai dari ribuan video pembelajaran, latihan soal & video pembahasan, materi khusus UTBK 2023, Tryout & Cek Peluang UTBK 2023, hingga akses LIVE Classes, Tutor & Coach. Selain mendampingi proses belajar, kamu juga bisa membahas soal privat seperti kebimbangan memilih jurusan kuliah kepada Tutor & Coach. 

Kesimpulan

Pada dasarnya, memilih jurusan atau memilih kampus tergantung dari keinginan kamu sendiri. Perlu diingat, jangan pernah terpengaruh untuk mengambil jurusan kuliah hanya berdasarkan kebanyakan temanmu mengambil jurusan tersebut.

Makanya, sangat penting untuk mengenali minat dalam mempelajari sesuatu sebelum memilih jurusan ataupun kampus.

Sebab, jika salah memilih jurusan dan kampus, bisa-bisa kamu hanya membuang waktu di sana.

Perlu diingat, jurusan ataupun kampus yang kamu pilih kemungkinan besar akan berperan dalam menentukan profesi apa yang akan kamu jalani setelah lulus dan memasuki dunia kerja. Nah, supaya dapat memantapkan diri dalam memilih jurusan ataupun kampus yang ingin dituju, kamu bisa gunakan Quipper.

Tidak hanya belajar, kamu pun bisa berkonsultasi dan mendapatkan insight seputar dunia kampus lewat Quipper. Makanya, yuk pakai Quipper sekarang! (ADV)