Debat Pilkada Solo: Cara Penantang Gibran Majukan Solo Lewat Rehab Keraton, Wayang Ketoprak dan Keroncong
Pasangan calon independen wali kota-wakil wali kota Solo Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) p

Bagikan:

SOLO - Pasangan calon independen wali kota-wakil wali kota Solo Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) punya cara meningkatkan industri pariwisata di Surakarta. Mulai dari rehabilitasi keraton hingga menyuguhkan hiburan khas lokal.

“Keraton harus kita rehab kembali. Adanya hiburan yang ada di Kota Solo (seperti) wayang ketoprak dan keroncong-keroncong yang menarik aset wisata dari wisatawan mancanegara maupun dalam (negeri),” kata calon wali kota Solo Bagyo Wahyono dalam debat Pilkada Solo, Kamis, 3 Desember. 

Jawaban ini disampaikan paslon independen penantang Gibran saat mendapat pertanyaan dari panelis mengenai upaya memajukan daerah terkait pariwisata. BAJO ditanya soal bagaimana berkolaborasi dengan pihak terkait untuk memajukan pariwisata Kota Solo. 

“Yang pertama adalah untuk meningkatkan memajukan daerah terkait pariwisata akan nanti kita betul-betul kita teliti semua. Termasuk keraton Solo termasuk lainnya karena kesinambungan dalam aset pariwisata itu nanti ada hubungan (dengan) pasar tradisional, kerajinan industri Solo seperti gamelan Tak Tentrem,” kata Bagyo.

Dia yakin sektor pariwisata mendatangkan pemasukan yang besar bagi Pemkot Solo. Karenanya butuh penanganan menyeluruh untuk memastikan kemajuan pariwisata Solo.