Ada 5 Kabupaten dengan Desa Kategori Miskin Ekstrem, Gubernur Sulsel Bakal Beri Bantuan Keuangan
Gubernur Sulsel Andi Sudirman pada pertemuan High Level Meeting TPID Provinsi Sulsel, di Makassar, Selasa (11/10/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Bagikan:

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan lima kabupaten memiliki desa dengan kategori kemiskinan ektrem di Sulawesi Selatan.

Daerah ini dengan suatu kondisi yang tidak dapat memenuhi kebutuhan primer manusia, termasuk makanan, air minum bersih, fasilitas sanitasi, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan, dan informasi.

"Saya tidak perlu menyebutkan kabupatennya. Karena saya rasa bupatinya paham dan aware terkait itu," kata Andi Sudirman pada pertemuan High Level Meeting TPID Provinsi Sulsel, di Makassar, dilansir ANTARA, Selasa, 11 Oktober.

Andi Sudirman mengungkapkan, di Kawasan Ajatappareng memiliki satu desa dengan kemiskinan ekstrem. Di Wilayah Luwu Raya juga terdapat dua desa, di Bosowasi dua desa, lalu di Wilayah Selatan Sulsel juga terdapat desa dengan kemiskinan ekstrem.

Tahun depan, Pemprov Sulsel akan memberikan bantuan keuangan ke sejumlah daerah. Di mana, wilayah tersebut nantinya dapat menggunakan dana bantuan tersebut untuk mendorong desa yang mengalami kemiskinan ekstrem agar jauh lebih produktif.

"Kami sudah mendata, di tahun depan kami akan memberikan bantuan keuangan," katanya.

Kepada Bupati maupun Wali Kota, Andi Sudirman meminta masukan terkait apa saja yang mereka butuhkan untuk nantinya diberikan Pemprov Sulsel.

"Ini kita akan masukkan wilayah ekstrem ini ke bantuan. Intervensi langsung saya minta tolong, para bupati untuk mengindikasi apa yang kami bantukan," ujarnya.