Kementerian PUPR Bangun 81 Rumah Korban Bencana Amurang Sulut
DOKUMENTASI /Rumah, penginapan dan infrastruktur hancur diterjang abrasi pantai Amurang. ANTARA/HO-BNPB

Bagikan:

MINAHASA SELATAN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membangun 81 unit rumah untuk korban bencana longsor pesisir pantai Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, awal tahun depan.

"Pascabencana di Amurang, sejumlah balai di Kementerian PUPR dalam satu keterpaduan program menindaklanjuti relokasi warga ke Desa Rumoong Bawah Kecamatan Amurang Barat," kata

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I, Recky Walter Lahope di Manado dilansir ANTARA, Selasa, 11 Oktober.

Sebanyak 81 unit rumah yang dibangun tersebut adalah bagian dari pembangunan tahap pertama, dan sisanya sebanyak 31 unit akan dibangun di tahun berikutnya.

Total rumah yang akan dibangun di lahan seluas tiga hektare lebih tersebut sebanyak 114 unit.

"Jadi skema pembangunan hunian tetap di lahan yang disediakan pemerintah kabupaten tersebut adalah tahun jamak, mulai dibangun tahun 2022 dan selesai di tahun berikutnya," ujarnya.

Recky menambahkan, sebanyak 114 unit rumah yang akan dibangun tersebut sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan Bupati Minahasa Selatan, Franky D Wongkar.

"Surat keputusan itu yang menjadi acuannya,"

Meski begitu kata dia, warga yang akan menempati rumah yang dibangun Kementerian PUPR harus melalui proses verifikasi legalitas kepemilikan untuk memastikan berhak tidaknya mendapatkan bangunan tersebut.

"Verifikasi tersebut akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan selanjutnya berkoordinasi dengan kami BP2P," katanya.

Verifikasi tersebut untuk memastikan warga yang kehilangan tempat tinggal adalah sah sebagai pemilik rumah, dan bukan sebagai penyewa.

"Itu maksudnya proses verifikasi tersebut, agar bantuan rumah ini tepat sasaran bagi yang berhak menerimanya," sebutnya.

Pada bulan Juni lalu, bencana longsor pesisir pantai menerjang permukiman warga di Kelurahan Uwuran I dan Bitung, Kecamatan Amurang.

Selain rumah penduduk yang hancur, area wisata, jalan dan jembatan serta fasilitas lainnya seperti tersedot ke dalam laut.