Menag Yaqut Beri Penekanan Khusus Saat Bertemu Siswa Madrasah di Pekalongan, Jangan Eksklusif Hargai Perbedaan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam kunjungan kerja di Kota Pekalongan, Rabu (28-9-2022). (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)

Bagikan:

PEKALONGAN - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak para pelajar Kota Pekalongan, Jawa Tengah, untuk menghargai perbedaan sikap, tidak merasa benar sendiri dari yang lain.

"Kami tidak ingin lulusan madrasah ketika terjun ke masyarakat memiliki sikap yang eksklusif yakni sikap yang merasa benar dari yang lain, tidak menghargai perbedaan baik agama, suku, bangsa, maupun bahasa pada masyarakat," katanya di Pekalongan, Antara, Rabu, 28 September. 

Hal itu disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas pada acara "Ngobrol Pendidikan (Ngopi)" bersama siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Pekalongan. 

Menguatnya arus digitalisasi pada era teknologi saat ini membuat beberapa masyarakat mudah terpapar aliran yang konservatif.

Namun demikian, kata Menag, pihaknya memastikan temuan intoleransi tersebut belum mengakar di masyarakat.

"Tadi saya mendengarkan lagu mars madrasah, di mana salah satu syairnya mengingatkan pada semboyan Kementerian Agama 'Ikhlas Beramal'," katanya.

Menurut dia, madrasah bagian dari Kementerian Agama yang diorientasikan sebagai pelayanan keagamaan dan pendidikan di semua agama, bukan hanya agama Islam.

Yaqut Cholil menilai dari semangat syair mars madrasah itu menunjukkan bahwa anak didik madrasah khususnya siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Pekalongan disiapkan untuk menerima perbedaan yang ada.

"Konsekuensi mars yang dinyanyikan mereka ini harus benar-benar menjadi orang yang mencirikan sebagai Bangsa Indonesia yaitu menerima takdir bahwa Indonesia secara kodratnya memang berbeda-beda suku, bangsa, agama, dan bahasa, dan mampu hidup damai bersama-sama," katanya.