Salah Satu Vaksin Paling Penting untuk Jamaah Umroh, Meningitis Malah Langka di Sulsel
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulawesi Selatan, dr Erwan Tri Sulistyo bilang kalau persediaan vaksin meningitis mulai menipis.

Vaksin miningitis merupakan salah satu syarat bagi setiap orang yang hendak melaksanakan ibadah umrah.

"Iya, vaksin miningitis memang berkurang karena minat jamaah umroh kita yang cukup tinggi jadi ketersediaan kita ini berkurang," ucap dr Erwan di Makassar, Selasa 27 September.

Terkait hal tersebut, Dinkes Sulsel belum memperoleh informasi terkait distribusi dan ketersediaan kembali stok vaksin dari Kementerian Kesehatan.

"Pusat juga belum ada penyampaian apakah memang stok di pusat kurang atau kita terlalu banyak yang pergi umroh," kata dia dilansir dari Antara.

Vaksin meningitis sangat penting sebelum berangkat umroh, sebab dengan melakukan vaksin ini, jamaah haji dan umrah akan terlindung dari penularan penyakit meningitis selama tiga tahun.

Dokter Erwan mengungkapkan bahwa pemberian vaksin meningitis dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan tempat layanan swasta.

"Kalau orang umroh itu kan dari berbagai negara, termasuk negara yang endemis di daerah Afrika, sehingga jamaah kita kalau belum divaksin, mereka bisa terkena meningitis sehingga penting untuk divaksin," kata dia.