Bagikan:

JAKARTA - Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama Ari Junaedi menilai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan tetap bertahan di PDI Perjuangan. Hampir pasti, Ganjar tidak akan mungkin pindah kapal ke partai lain untuk dukungan di pilpres 2024.

Tekanan terhadap Ganjar yang dilakukan sejumlah pihak supaya tidak menjadi capres justru bisa berbalik malah bikin publik menaruh simpati.

“Sikap Ganjar akan semakin membuat calon pemilih untuk semakin jatuh hati. Setiap kandidat RI 1 yang potensial mengalami tekanan dan gencetan justru akan mendapatkan simpati dari rakyat,” kata Ari Junaedi coba menganalisis.

Ari membeberkan situasi tersebut pernah dialami oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo.

Lebih lanjut, Ari menyarankan Ganjar untuk bersabar menunggu keputusan Megawati terkait Pilpres 2024. Sebab, kewenangan menentukan calon presiden yang diusung PDI-P berada di tangan Megawati.

“Ganjar tidak akan tertarik dengan pinangan partai-partai karena dia paham, suatu saat Megawati akan mendapat ilham bahwa kemenangan partai adalah di atas segala-galanya,” kata Ari, Minggu 25 September.

Di sisi lain, Ari menilai Megawati merupakan sosok yang handal dalam menentukan langkah politik.

“Feeling dan insting politik Megawati sangat teruji dalam memilih capres dan semua membutuhkan kesabaran progresif menurut Megawati sendiri,” ucap Ari.