Targetkan 1,1 Juta Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Gelar Pelatihan Barista
Photo by Charmoré Nel on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Demi mengejar terbuka banyaknya lapangan kerja pada industri kreatif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberi pelatihan barista dan kopi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh ratusan masyarakat Cianjur. Bukan hanya itu, siswa-siswa SMK pun berkesempatan mendapatkan pelatihan yang sama agar siap menghadapi industri kopi.

Dengan pelatihan tersebut, Sandiaga Uno optimis Cianjur dapat membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat. Khususnya dalam industri kopi yang besar tersebut.

"Turunan komunitas ini yang menjadi tulang punggung kita untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja. Saya kagum antusias teman-teman SMK dan mereka bahkan berpartisipasi sudah punya produk sendiri," ujar Sandiaga, Sabtu 24 September.

Salah satu peserta pelatihan, Kuncoro mengatakan sangat terkesan dengan pelatihan ini. Kuncoro sebagai salah satu guru SMK ini juga mendukung kegiatan pelatihan diikuti oleh para siswanya.

"Saya sangat terkesan, kita punya ruang untuk bisa menyampaikan apa yang menjadi niat dan tujuan kita," kata Kuncoro.

Kuncoro juga berterima kasih Sandiaga sudah mendukung kopi hasil produksi siswanya. Ia optimis produk ini dapat dikembangkan lebih luas.

"Terima kasih Pak Sandi sangat luar biasa inspiratif, beliau begitu semangat dan kita ingin mengikuti jejak beliau terutama kepada anak didik kita, kami optimis bisa membuka lapangan kerja dan konsisten untuk mengembangkan usaha ini," ujar Kuncoro.