Pertama Dalam 1.000 Tahun, Imam Besar Al Azhar Tunjuk Penasihat Wanita
Imam Besar Al Azhar Mesir Sheikh Ahmed El Tayeb. (Twitter/@arabnews)

Bagikan:

JAKARTA - Imam Besar Al Azhar Mesir Sheikh Ahmed El Tayeb, untuk pertama kalinya menunjuk penasihat perempuan.

Wanita yang ditunjuknya adalah Dr. Nahla Al Saeedy. Ia mengonfirmasi pengangkatannya sebagai penasihat Imam tentang urusan ekspatriat di sebuah unggahan Facebook pada Hari Senin.

Dia menjadi wanita pertama yang memegang posisi penasihat untuk Grand Imam dalam sejarah 1.000 tahun Al Azhar, melansir The National News 20 September.

Al Saeedy sebelumnya memegang dua posisi di Al Azhar: Dekan Sekolah Tinggi Ilmu Islam untuk Ekspatriat dan Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Mahasiswa Internasional.

“Perempuan adalah dasar untuk membangun keluarga yang saleh dan masyarakat yang beradab. Islam menetapkan penghargaan dan penghormatan terhadap wanita dan bahwa hubungan antara pasangan yang sudah menikah harus didasarkan pada cinta, saling menghormati dan kasih sayang. Karena seorang istri adalah ibu dari anak-anak seorang pria, penjaga rahasianya dan sumber kebahagiaan," kata El-Tayyeb dalam sebuah tweet, mengutip Ahram online.

Dalam percakapan telepon dengan saluran TV CBC, Al Saeedy menggambarkan pengangkatannya sebagai tanggung jawab, suatu kehormatan yang sangat dibanggakannya.

"Melalui keputusan ini, Sheikh menggarisbawahi apresiasinya terhadap peran yang dimainkan wanita dalam pekerjaan Al Azhar. Penghargaan ini adalah sesuatu yang telah terbiasa dengan wanita Al Azhar di bawah kepemimpinan Sheikh,"katanya.

Lebih jauh dikatakannya, pengangkatan itu sebagai bagian dari strategi 10 tahun oleh Al Azhar, yang berjalan seiring dengan rencana visi pemerintah Mesir 2030, untuk memperbarui banyak sektor negara agar lebih efektif, berkelanjutan, dan mencerminkan skema modernisasi Pemerintahan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi.

Meskipun umumnya dianggap sebagai lembaga Islam moderat, Al Azhar telah menerima sejumlah kritik selama beberapa tahun terakhir, setelah komentarnya tentang beberapa kasus paling terkenal di negara itu.

Imam Besar dikritik oleh kelompok -kelompok hak -hak perempuan dan aktivis, atas klaimnya dalam wawancara televisi 2019, "kesetaraan antara pria dan wanita bertentangan dengan alam."

Lembaga ini sekali lagi dicerca secara online pada tahun 2020, ketika gelombang penangkapan pembuat konten wanita menjadi berita utama nasional, dengan komentar dari ulama Al Azhar yang digambarkan sebagai "misoginis" pada saat itu.

Diketahui, Mesir telah mengambil langkah untuk memberdayakan perempuan, memasukkan mereka dalam proses pengambilan keputusan, termasuk melalui peningkatan jumlah menteri perempuan serta anggota parlemen dan di lembaga peradilan.

Keputusan El-Tayyeb muncul setelah keputusan penting tahun lalu oleh Presiden Abdel-Fattah El-Sisi, yang mengizinkan perempuan bekerja di posisi yudisial di Dewan Negara dan di Penuntutan Umum – dua badan peradilan yang hingga saat ini hanya diisi laki-laki – untuk pertama kalinya dalam sejarah negara.